KPU Kota Cilegon Gelar Simulasi Pemilu

0
25

CILEGON (BTP) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon menggelar simulasi pemungutan suara di lapangan taman samping Kantor Kejaksaan Negeri, Blok J, Kelurahan Ciwedus, Kecamatan Cilegon, Kota Cilegon, Banten. Minggu (17/03/2019).

Simulasi ini dilakukan layaknya sedang memilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Masyarakat diberikan lima lembar surat suara yang nantinya akan dicoblos untuk memilih anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, DPD RI dan Presiden.

Warga yang terlibat dalam simulasi tersebut mengaku masih bingung tentang tata cara pemilihan lantaran banyaknya surat suara yang diberikan petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS).

“Lumayan lama di dalam bilik suara karena ukuran surat suara besar dan banyak lagi. Terus terang bikin bingung,” kata Erlawati salah satu warga yang terlibat.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Cilegon Irfan Alfi mengatakan, simulasi ini dilakukan sebagai pengamatan terhadap jalannya proses pemilu, baik pencoblosan, pengawasan serta pemungutan suara.

Selain itu, digelarnya simulasi ini agar dapat menjadi bahan pertimbangan KPU untuk mengetahui tingkat partisipasi masyarakat dan durasi waktu dari pemilihan sampai penghitungan surat suara.

“Memang cukup lama karena ada lima surat suara dan ukuran surat suaranya besar. Selain itu banyak pilihan dari para calon anggota legislatif,” katanya.

Menurut Ifan, setelah kegiatan simulasi tersebut pihaknya akan mengkaji kembali durasi pemungutan dan penghitungan suara karena terdapat perbedaan dengan pemilu sebelumnya.

“Calon pemilih mendapatkan lima surat suara sekaligus untuk pencoblosan karena pemilihan umum legislatif dan pemilihan presiden diserentakan,” tambahnya. (AKA/BTP)

Comments are closed.