Petugas Pemadaman Dan Penyelamatan Kota Cilegon Diminta Lebih Gesit

0
47

CILEGON, (BTP) – Walikota Cilegon, Edi Ariadi meminta agar petugas pemadaman dan penyelamatan pada Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Cilegon lebih gesit. Demikian hal itu di ungkapkan Edi usai melihat simulasi penyelamatan dan pemadaman dalam Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 100 Damkar yang digelar di halaman Pemkot Cilegon, Senin (18/3/19).

Edi juga menyampaikan, menjelang pemilu, petugas damkar juga menjadi bagian yang harus disiapkan dalam antisipasi pengamanan kepemiluan. Diharapkan para personil bisa siap sedia dan meningkatkan kemampuannya.“Saat Pileg (pemilihan legislatif) dan Pilpres (pemilihan presiden) mereka juga harus siap. Mereka ini menjadi bagian dari pasukan yang harus disiagakan,” tuturnya.

Ia mengaku, siap menambah jumlah personil serta armada Damkar Kota Cilegon, sehingga pelayanan yang diberikan akan lebih baik lagi.“Tahun ini ada penambahan jumlah armada. Infrastruktur juga terus kami lengkapi, sehingga diharapkan bisa memberikan pelayanan yang lebih baik,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Cilegon, Hikmatullah mengakui, kemampuan petugas harus terus diasah. Khusus untuk simulasi, Hikmat-panggilan akrab Hikmatullah menyatakan, memaklumi karena pertunjukan simulasi penyelamatan dan pemadaman baru pertama dilakukan.“Sejak 2018 kami menjadi dinas baru ini dilakukan. Butuh latihan. Sebagai dinas yang memberikan pelayanan dasar penyelamatan dan pemadaman kegesitan dan kemampuan tentu akan kami tingkatkan,” paparnya.

Meski siap memberikan pelayanan terbaik, Hikmat tidak menampik kurang idielanya jumlah personil. Saat ini, jumlah petugas damkar di Kota Cilegon hanya ada 50 personil, sementara jumlah idealnya adalah 100 orang.“Dengan staf itu jumahnya 99 orang, 50 puluhnya pemadam. Idealnya untuk ukuran Kota Cilegon itu 100 sampai 200 personil,” tandasnya. (AMR/BTP)

Comments are closed.