KPU Kota Cilegon Gelar Bimtek Simulasi Rekapitulasi Suara

0
32

CILEGON (BTP) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) penghitungan, pemungutan dan rekapitulasi pemilu 2019 di salah satu hotel di Kota Cilegon, Senin (25/3/2019).

Bimtek ini diikuti seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang tersebar di delapan kecamatan se-Kota Cilegon.

Ketua KPU Kota Cilegon, Irfan Alfi mengatakan, selain bimtek juga dilakukan simulasi tata cara pengisian formulir C1, pemberian materi tentang tata cara pemungutan dan penghitungan serta rekapitulasi suara.

Lalu tata cara pencoblosan dan jenis surat suara sah dan tidak sah, termasuk tentang tugas-tugas mulai dari penyelenggara mulai di tingkat PPK, PPS hingga KPPS.

“Bimtek ini membedah PKPU Nomor 3 tahun 2019 dan PKPU Nomor 4 tahun 2019, termasuk UU Nomor 7 tahun 2017 yang tujuannya agar penyelenggara tingkat kecamatan nantinya dapat melaksanakan proses tahapan pemilu dengan benar dan lancar,” kata Irfan.

Irfan mengaku proses bimtek ini dilakukan berjenjang. Setelah bimtek di tingkat PPK akan dilakukan bimtek di tingkat PPS hingga bimtek di tingkat KPPS. Nantinya khusus untuk bimtek tingkat KPPS akan dilakukan simulasi pencoblosan langsung di satu TPS.

“Saat simulasi nanti, pengisian C1 kita ambil datanya sebaran DPT setiap TPS dalam desa di wilayah kecamatan masing-masing yang kemudian nantinya untuk simulasi pencoblosan akan diambil dari sampel DPT yang mendekati jumlah DPT terbanyak dalam satu TPS. Kemudian akan diterapkan tugas-tugas disetiap KPPS,” ujarnya. (AKA/BTP)

Comments are closed.