Bawaslu Kota Cilegon Lantik Ribuan Pengawas TPS

0
26

CILEGON (BTP) – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Cilegon melantik ribuan pengawas yang akan ditempatkan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di salah satu hotel, di Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, Rabu (27/032019).

Ketua Bawaslu Kota Cilegon, Siswandi mengatakan para pengawas ini akan melakukan lima tugas pokok diantaranya melakukan persiapan pelaksanaan pemungutan suara, persiapan dan proses penghitungan suara, serta mengawal pergerakan hasil pemilu ke tingkat kelurahan atau di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Terhitung selama satu bulan kedepan hingga tujuh hari setelah waktu pencoblosan, mereka mulai melakukan aktifitas pengawasan proses pemilu,” katanya.

Siswandi mengatakan, dari 1.214 pengawas TPS ini terdapat 697 laki-laki dan 517 perempuan yang ditempatkan di masing-masing TPS dan dalam tugasnya harus dapat bersikap netral.

“Mereka yang sebelumnya telah lulus verifikasi dan dilantik sebagai penyelenggara pemilu agar mematuhi aturan dan menjaga netralitas petugas pengawasan selama pelaksanaan pemilu agar tetap aman dan serta terjalin integritas dengan asas profesional,” ujarnya.

Ania Hasanah salah seorang petugas TPS untuk Kecamatan Purwakarta menyatakan akan bekerja secara maksimal melakukan pengawasan meski dirinya seorang perempuan.

“Saya ditempatkan di TPS Purwakarta dan akan bersikap netral dalam menjalankan pengawasan di TPS. Walau perempuan saya mampu kok,” katanya singkat. (AKA/BTP)

Comments are closed.