Dua Kapal Penumpang Tabrakan di Perairan Selat Sunda

0
39

CILEGON (BTP) – Kapal Motor Penumpang (KMP) Windu Karsa Dwitya bertabrakan dengan Kapal Motor Penumpang (KMP) Virgo 18 Jakarta di jalur lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni. Kedua kapal yakni KMP Windu Karsa Dwitya Ringsek dibagian ruang kemudi bagian kiri, sementara KMP Virgo 18 Jakarta diketahui penyok bagian belakang bodi kapal.

Kepala Pencarian dan Pertolongan Basarnas Banten, M Zainal Arifin mengatakan KMP Windu Karsa Dwitya bertabrakan dengan KMP virgo 18 di jalur penyeberangan Merak-Bakauheni, Senin (22/04/19) sekitar pukul 16.40 WIB.

“Tabrakan dua unit kapal penumpang yang sedang berlayar di tengah lautan ini terjadi saat KMP Windu Karsa Dwitya berangkat dari dermaga 1 Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni. Sementara itu, KMP Virgo 18 Jakarta dari arah sebaliknya yakni Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak dan terjadi tabrakan tepat pada 1,5 mil dari Pelabuhan Merak,” kata Zainal saat ditemui di dermaga 1 Pelabuhan Merak.

Zainal melanjutkan, akibat kecelakaan ini satu orang kru kapal (ABK) bernama Endang Roch Basuki terpental dan tercebur ke laut dan hingga kini belum ditemukan. Sementara satu orang penumpang kapal mengalami luka-luka sehingga harus dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani perawatan.

“Kapal disandarkan ke dermaga 1 Pelabuhan Merak dan para penumpang dialihkan ke dermaga lain. Untuk kru kapal masih kita lakukan pencarian dan saat ini kita hentikan karena cuaca tidak memungkinkan dan langit mulai gelap. Besok kita akan lanjutkan pencarian dengan berkoordinasi dengan pihak ASDP dan pihak lainnya,” katanya.

Musibah tabrakan dua kapal ini masih diselidiki oleh pihak Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banten dan Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). (AKA/BTP)

Comments are closed.