Kelurahan Bendungan Wakili Kota Cilegon Ikut Lomba Asman Toga

0
21

CILEGON (BTP) – Kelompok Asuhan Mandiri Tanaman Obat Keluarga dan Keterampilan (Asman Toga) Kelurahan Bendungan, Kecamatan Cilegon mewakili Kota Cilegon dalam Lomba Asman Toga Akupreseur Tingkat Provinsi Banten yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Banten.

Dalam penilaian oleh tim Dinkes Provinsi Banten yang dipimpin Kabid Pelayanan Kesehatan Apriani Sugianti bersama tim pakar mengunjungi lokasi Asman Toga di Kelurahan Bendungan yang dikelola oleh warga dan Kader PKK, Selasa (23/4/2019).

Apriani Sugianti mengatakan, program ini merupakan salah satu strategi pembangunan kesehatan yang dilakukan Kementerian Kesehatan. Program ini bertujuan meningkatkan upaya promotif dan preventif untuk mendorong masyarakat agar mampu memelihara kesehatannya, serta mengatasi gangguan kesehatan ringan secara mandiri melalui kemampuan asuhan mandiri.

“Asuhan mandiri kesehatan tradisional dilakukan oleh individu dalam keluarga, kelompok atau masyarakat dengan memanfaatkan Toga dan keterampilan. Supaya pelayanan kesehatan tradisional dapat dipertanggungjawabkan, aman dan bermanfaat, maka harus selalu dibina dan diawasi oleh pemerintah,” katanya.

Apriani menjelaskan, dalam lomba tersebut sebagai bentuk tahapan pembinaan teknis dilakukan secara berjenjang dari tingkat pusat sampai ke tingkat desa/kelurahan bersama dengan mitra sesuai peran, tugas dan fungsi masing-masing.

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 9 tahun 2016 tentang Upaya Pengembangan Kesehatan Tradisional melalui Asman Toga pembinaan dapat dilakukan melalui penilaian pemanfaatan TOGA dan Akupressur.

“Ini sangat banyak manfaatnya, terutama saat tengah malam ketika Puskesmas tutup, masyarakat bisa memanfaatkan tanaman sebagai obat dari halaman rumahnya. Kita buktikan kalau medis kita tak kalah dari Barat,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Cilegon, Lili Ariadi yang turut menghadiri kegiatan lomba Asman Toga Akupreseur Tingkat Provinsi Banten ini, mengapresiasi Kelurahan Bendungan yang sudah berperstasi mewakili Kota Cilegon. Lili juga barharap Cilegon bisa meraih prestasi maksimal.

“Kita doakan bersama, Kota Cilegon dapat juara satu di Provinsi Banten,” harapnya. (AKA/BTP)

Comments are closed.