BKPAKSI Wisuda 1.144 Santri TKA-TPA Se-Kota Cilegon

0
58

CILEGON (BTP) – Badan Koordinasi Pendidikan Al-qur’an dan Keluarga Sakinah Indonesia (BKPAKSI) menyelenggarakan Wisuda Santri Pendidikan Al Qur’an TKA-TPA BKPAKSI se-Kota Cilegon yang ke-XXVIII yang bertempat di The Royal Krakatau Hotel, Minggu (28/04/2019).

Direktur utama BKPAKSI Kota Cilegon, Bayu Panatagama mengatakan, wisuda kali ini melibatkan 1.144 santri TKA-TPA dari delapan kecamatan di Kota Cilegon. Wisuda yang diselenggarakan tiap tahun ini, pada tahun ini mengalami peningkatan jumlah santrinya.

Bayu juga mengatakan, ijazah yang diberikan kepada santri yang diwisuda kali ini dapat dijadikan salah satu persyaratan untuk masuk jenjang pendidikan menengah (SMP/MTs).

“Sesuai dengan Perda Kota Cilegon No. 1 Tahun 2008 dan Perwal Kota Cilegon No. 25 Tahun 2014 Jo. Perwal Kota Cilegon No. 44 Tahun 2011 Tentang Pendidikan Diniyah, untuk masuk SMP maupun MTs, siswa harus mengantongi ijazah diniyah,” kata Bayu.

Bayu berharap, eksistensi gerakan pendidikan Al-Qur’an (TKA-TPA-TQA) di Kota Cilegon mampu memberikan kontribusi nyata guna meningkatkan mutu SDM yang ada di Kota Cilegon.

“Pendidikan wajib untuk dimiliki setiap individu. Tidak hanya diperoleh melalui jalur sekolah formal, namun harus diimbangi oleh pendidikan keagamaan sejak usia dini yang diperoleh dari jalur non formal seperti TKA-TPA,” ujarnya.

Dikatakan oleh Bayu, pendidikan keagamaan memiliki peranan penting bagi kehidupan lantaran hal tersebut menjadi pegangan hidup dalam menghadapi zaman yang terus berkembang menuju era globalisasi.

“Peran aktif dari keluarga dan lingkungan harus terus ditingkatkan, salah satunya dengan menyekolahkan anak-anak mereka di pendidikan keagamaan yang ada,” harapnya. (AKA/BTP)

Comments are closed.