Pramuka dan Relawan Bersihkan Sampah di Pantai Paku Anyer

0
62

SERANG (BTP) – Ratusan relawan yang tergabung dalam Coastal Clean up Collaboration (CCC) melakukan aksi operasi semut dengan memunguti sampah di sepanjang pantai Pelabuhan Paku, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Selasa (30/04/2019).

Selain melibatkan beberapa karyawan perusahaan, kegiatan bersih-bersih pantai ini juga diikuti oleh Gerakan Pramuka Kwarda Banten, terutama Saka Wirakartika.

Ketua panitia kegiatan bersih-bersih Pantai Anyer, Wiratama mengatakan kegiatan ini melibatkan berbagai elemen masyarakat untuk menunjukan kepedulian terhadap kondisi di sepanjang pesisir Pantai Paku.

“Kami prihatin dengan kondisi pantai yang kotor karena sampah yang ditinggalkan pengunjung. Kami ingin memberikan sumbangsih dengan memunguti sampah-sampah,” katanya.

Wiratama menargetkan, pada aksi kolaborasi bersih-bersih pantai ini bisa mengumpulkan sampah sebanyak dua ton agar dapat diangkut dan dibuang ke tempat sampah.

“Melihat banyaknya sampah, sepertinya kita bisa kumpulkan hingga dua ton. Kita akan pilah-pilah sepuluh jenis sampah, baik sampah plastik, sampah organik, sampah nonorganik maupun sampah lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Serang, Panji Tirtayasa yang juga sebagai Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Serang menjelaskan, peran para relawan untuk membersihkan pantai merupakan bagian kecil untuk menjaga bumi dari pemanasan global.

“Membersihkan pantai di pesisir Pantai Paku ini menjadi bagian penting untuk menyelamatkan bumi dari pemanasan global. Aksi seperti ini mudah-mudahan bukan sekali ini saja, akan tetapi harus terus menerus secara kontinyu dilakukan semua elemen masyarakat,” jelasnya. (AKA/BTP)

Comments are closed.