Golok Warisan Leluhur Penyemangat Anak Muda

0
46

CILEGON – (BTP) – Golok diharapkan menjadi penyemangat anak muda di Kota Cilegon dalam mencintai seni dan budaya yang ada di Indonesia, terutama seni dan budaya pencak silat di Banten.

Hal ini dikatakan Ketua Himpunan Peguron Pencak Silat Banten (HPSB) Abah Jamhari Sakti di sela-sela Golok Day Festival, Sabtu (04/05/2019).

“Abah berharap dengan adanya golok asli Cilegon ini, dapat membuat kalangan anak muda lebih semangat mencintai budaya yang ada di Cilegon,” katanya.

Abah Jamhari menuturkan, keberadaan golok merupakan salah satu bukti sejarah untuk mempersatu masyarakat Indonesia yang dititipkan oleh para leluhur dan orang tua terdahulu.

“Keberadaan golok ini adalah salah satu senjata titipan dari para orang tua kita terdahulu,” ujarnya.

Abah menerangkan, pembuatan Golok Cilegon pertama kali di gagas pada tahun 1965 oleh para orang tua di Kota Cilegon yang mulai berfikir untuk membuat golok asli Kota Cilegon.

“Pertama kali digagas pada tahun 1965, namun pada saat itu kita belum mampu. Hanya baru mampu membuat pada tahun 1980 dan terus dibuat pelan-pelan baru bisa dilakukan pembuatan lagi pada tahun 1993 hingga sekarang,” terangnya. (AKA/BTP)

Comments are closed.