Tiga Jenis Makanan Mengandung Zat Berbahaya Ditemukan

0
43

CILEGON (BTP) – Petugas gabungan dari Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Cilegon melakukan pemeriksaan terhadap makanan yang dijual di Pasar Blok F, Kota Cilegon Jumat (10/052019).

Sekitar 30 sampel dari berbagai jenis makanan yang diambil dari para pedagang diantaranya ketupat, cincau, sekuteng, tahu, ikan asin, pacar cina, terasi cincau merah dan jenis makanan lainnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan, petugas menyimpulkan dari 30 sampel jenis makanan, tiga jenis makanan positif mengandung bahan berbahaya atau mengandung rodamin diantaranya cincau merah, terasi, dan pacar cina.

Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kota Cilegon, Ema Hermawati menyatakan, pemeriksaan terhadap bahan berbahaya yang terdapat di dalam makanan ini untuk mengetahui dan mengintensifkan pengawasan jenis makanan yang mengandung zat berbahaya pada Bulan Ramadan.

“Kita BPOM memeriksa dan melakukan pengujian sampel makanan dengan uji laboratorium, dan ternyata ada tiga jenis makanan (berbahaya) sehingga kita langsung menarik makanan tersebut dari para pedagang,” katanya.

Ema melanjutkan, para pedagang yang terbukti menggunakan bahan zat berbahaya tersebut diberikan pembinaan dan sanksi teguran tertulis agar tidak menjual makanan yang mengandung bahan berbahaya.

“Kita beri pembinaan dan sanksi teguran tertulis kepada pedagang. Kita akan terus mengawasi terhadap jenis manakan yang mengandung zat berbahaya selama Bulan Ramadan sebagai perlindungan kepada para konsumen,” tuturnya. (AKA/BTP)

Comments are closed.