Edi Pastikan THR Bagi ASN Bisa Dicairkan Sebelum Hari Raya

0
37

CILEGON, (BTP) – Walikota Cilegon, Edi Ariadi memastikan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa dicairkan sebelum Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Edi menilai, pemerintah pusat telah merevisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2019 tentang Pemberian THR bagi PNS, TNI, Polri, Pejabat Negara, dan Pensiunan, bahwa pemberian THR harus didasari Peraturan Daerah (Perda) tentang Pemberian THR PNS.

“Tapi, aturan itu sudah dianulir. Drievisi, jadi tidak perlu perda baru lagi, cukup Perda APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) karena anggaran untuk THR sudah ada di APBD 2019,” kata Edi, Senin (13/5/19).

Edi menjelaskan, adanya aturan baru yang tidak mengharuskan pencairanTHR melalui perda, para PNS diminta tidak resah akibat khawatir tidak mendapat THR. Edi juga memastikan jika sebelum Lebaran bisa dilakukan pencairan. “Mendagri sudah membolehkan pencairan THR PNS tanpa perda. Pokoknya sebelum H-7 sudah harus cair, bisa cair tenang saja,” katanya.

Sementara itu, Anggota Komisi I DPRD Kota Cilegon, Baihaki Sulaiman mengatakan, pemberian THR bagi PNS dinilai penting. Jika sudah ada aturan yang membolehkan pencairan, segera dilakukan penghitungan secara teknis agar THR bisa segera cair. “Apalagi THR PNS sudah dianggarkan oleh APBD 2019. Saya rasa tidak ada lagi alasan untuk tidak memberikan THR,” katanya.

Ia menambahkan, hak PNS harus dipenuhi supaya tidak menjadi sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa). Pihaknya meminta pencairan THR PNS dilakukan sebelum 24 Mei 2019 sesuai arahan Pemerintah Pusat. “Kami bersyukur ketika THR PNS Bisa cair sebelum Lebaran. Sebab, kalau harus menunggu perda tentu tidak sebulan dua bulan selesai, apalagi namanya THR itu Tunjangan Hari Raya masa dikasih setelah hari raya kan lucu juga,” tandasnya. (HMS/BTP)

Comments are closed.