Badan Kesbang Pol Kota Cilegon Gelar Pemberdayaan Ormas Dan LSM

0
28

CILEGON – (BTP) – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Cilegon menggelar Pembinaan dan Pemberdayaan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) di salah satu hotel di Kota Cilegon. Selasa (09/07/2019). 

Sekretaris Daerah Kota Cilegon Sari Suryati mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan harmonisasi antar organisasi kemasyarakatan.

“Bila dipandang sangatlah perlu keharmonisan ini, karena dengan terjalinnya hubungan baik ini akan membawa kedamaian di lingkungan organisasi, yang akan mempunyai nilai positif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu organisasi harus saling memahami dan mengkormati keberadaan organisasi yang mempunyai tujuan yang sama yaitu menjaga stabilitas wilayan Kota Cilegon,” katanya.

Sari Suryati menjelaskan, bahwa peran dan fungsi Ormas/LSM adalah berpartisipasi dalam pembangunan masyarakat daerah, memelihara persatuan dan kesatuan secara internal.

“Sedangkan fungsinya adalah memberdayakan masyarakat dalam bidang pembangunan pembinaan dan pengembangan anggota untuk mewujudkan tujuan organisasi, dan juga penyalur aspirasi masyarakat,” jelasnya. 

Pada kesempatan ini Sekda Kota Cilegon juga menghimbau agar Ormas tidak hanya menjadi penghubung dan penyeimbang kekuatan rakyat ketika berhadapan dengan negara.

“Saya harap disini Ormas juga bisa memberikan konstribusi positif sebagai mitra pemerintah dalam melaksanakan pembangunan dan upaya-upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan bisa menciptakan organisasi masyarakat yang kredibel dan sinergi dengan pemerintah,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Cilegon, Suparman mengatakan, sangat berharap kepada Pemerintah Kota Cilegon agar bekerjasama dengan Ormas dan LSM di Cilegon.

“Pemerintah Kota Cilegon juga sangat berharap informasi dari LSM, karena LSM sebagian banyak bersentuhan langsung dengan masyarakat bawah, contoh dalam hal sosial dan semacamnya, dengan adanya informasi tersebut maka pemerintah bisa mengoreksi ulang mana yang baik dan mana yang buruk,” tukasnya. (RMP/BTP)
 

Comments are closed.