BLK Industri Tak Menjamin Lulus Langsung Bekerja

0
24

CILEGON – (BTP) – Program unggulan Kementerian Ketenagakerjaan yakni Balai Latihan Kerja (BLK) ternyata belum mampu memberikan dampak signifikan untuk menekan angka pengangguran di Kota Cilegon.

Hal tersebut karena lulusan BLK pada Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cilegon ternyata tidak menjamin mendapat pekerjaan. Maka dari itu, para lulusan BLK diharapkan aktif mencari kerja ataupun berwirausaha.

Kasubag BLK Kota Cilegon, Umul Mahtum Walad mengungkapkan antusias warga Cilegon cukup tinggi untuk mengikuti pelatihan-pelatihan yang ada di BLK.

“Dari awal tahun 2019 ini, sampai bulan Juli ini saja sudah ada kira-kira sekitar 300 lamaran. Kebanyakan lulusan SMA sederajat yang mendaftar,” kata Umul saat ditemui di kantornya, Rabu (10/07/2019).

Umul melanjutkan, saat ini sarana prasarana yang ada di BLK masih terus diperbaiki terutama fasilitasnya.

“Untuk peralatan sendiri sudah mengupayakan dengan baik. Peralatan sudah cukup memadai, seperti las sudah lengkap. Tinggal wokshop belum memadai, kita minta kedepan lebih baik,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala BLK Kota Cilegon Khairiyah mengatakan, tahun 2018 lalu ada 572 orang yang menjadi peserta pelatihan di BLK Cilegon.

“Kalau untuk tahun ini sekitar ada 580 peserta yang mengikuti pelatihan di BLK Cilegon,” katanya.

Menurutnya, meskipun sudah ada ratusan orang yang menjadi lulusan dari BLK Cilegon, namun tidak banyak pula yang bisa terserap kerja secara langsung, pihaknya hanya bisa melakukan usulan pemagangan di perusahaan. Sementara, untuk bisa direkrut menjadi karyawan di perusahaan, keputusannya ada pihak perusahaan.

“Ada beberapa yang sudah magang di perusahaan, tapi yang bisa sampai karyawan tidak banyak,” tuturnya.

Dijelaskan Yayah, dalam waktu dekat ini pihaknya akan melakukan upaya kerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang ada di Kota Cilegon. Agar, para lulusan BLK Cilegon bisa langsung bekerja di industri-industri yang ada Cilegon.

“Sebenarnya banyak lulusan BLK yang sudah bekerja, namun kadang pekerjaan yang didapat tidak sesuai dengan keahlian yang didapat dari BLK,” jelasnya.

Yayah berharap kedepannya perusahaan yang ada di Cilegon agar mengutamakan para alumni BLK untuk bekerja di perusahaannya.

“Harapannya perusahaan-perusahan bisa mengutamakan alumni-alumni BLK kalau misalnya ada perekrutan karyawan diutamakan dari BLK,” harapnya. (RMP/BTP)

Comments are closed.