Dishub Tindak Puluhan Kendaraan Truk Angkutan Overtonase

0
44

CILEGON – (BTP) – Petugas gabungan dari Dinas Perhubungan Kota Cilegon bersama Kepolisian Lalu Lintas Polres Cilegon menggelar razia kendaraan angkutan di kawasan jalan lingkar selatan, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, Kamis (18/07/2019).

Pantauan di lapangan, petugas memberhentikan satu persatu kendaraan truk angkutan barang yang melintas baik dari arah ciwandan menuju kota cilegon maupun sebaliknya dengan memeriksa kelengkapan surat-surat kendaran dan surat keterangan jalan atau kir sebelum melanjutkan perjalanannya mengantar barang ke tempat tujuan.

Kepala Seksi Pengendalian Operasional dan Keselamatan Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan Kota Cilegon, Faturahman Sadeli mengatakan razia ini dilakukan untuk menertibkan kendaraan truk angkutan overtonase dan memeriksa surat-surat kendaraan yang masa berlakunya telah habis.

“Kita menertibkan dan memberikan tindakan tilang kepada para sopir yang membawa kendaraan angkutan yang tidak melengkapi surat-surat kendaraan dan masa uji kir nya telah habis. Ada 40 kendaraan yang kita tindak diberi surat tilang,” katanya.

Fatur melanjutkan, selain menertibkan kendaraan truk angkutan, pihaknya juga menertibkan parkir liar di jalan lingkar selatan bagi kendaraan yang memarkirkan kendaraannya di bahu jalan karena membahayakan pengguna jalan.

“Untuk parkir liar kita hanya memberikan teguran kepada para sopir agar memindahkan kendaraannya dan melarang parkir yang telah dipasangi rambu-rambu lalu lintas, dan kita juga mendapati satu kendaraan truk yang mengangkut pasir basah, dan tercecer di jalanan. Bahkan sopir truk yang mengangkut pasir basah kita periksa tidak dapat menunjukan surat-surat kendaraan atau surat-suratnya telah mati sehingga kita bawa ke kantor untuk diberikan sanksi,” ujannya.

Sementara itu, Riski seorang sopir truk yang mengakut pasir basah mengaku sering mengakut angkutan pasir untuk dikirim ke bogor dan pasir tersebut diambil dari pak eko di kawasan ciwandan.

“Sering ngangkut pasir dan tergantung pesanannya, biasanya ada yang mesan pasir kering dan ada juga yang pesan pasir basah, dan saya cuma hanya mengirimkan sesuai pesanan di daerah bogor,” tukasnya. (RMP/BTP)

Comments are closed.