Prolegda DPRD Kota Cilegon Tak Capai Target

0
55

CILEGON – (BTP) – Program legislasi daerah (Proglegda) DPRD Kota Cilegon tahun 2019, tidak mencapai target. Dari 11 Prolegda yang direncanakan hanya 9 yang direalisasikan menjadi Raperda dan Perda.

Hal ini terungkap saat DPRD Kota Cilegon menggelar rapat paripurna tentang penetapan dan perubahan Prolegda tahun 2019 dan prolegda tahun 2020, di Gedung DPRD Kota Cilegon, senin (12/08/2019).

9 Prolegda yang sudah menjadi Perda ada empat yakni, Perda Kebudayaan Daerah, Perda Ketahanan Keluarga, Perda Pertanggungjawaban APBD tahun 2018, dan Perda Pembentukan Perangkat Daerah. Sementara, Prolegda yang masih dalam pembahasan atau Raperda yakni, Raperda perubahan APBD 2019, Raperda APBD tahun 2020, Raperda pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, Raperda pemeriksaan alar pemadam kebakaran, dan Raperda kota layak anak.

Ketua DPRD Kota Cilegon Fakih Usman menyatakan, belum semua terealisasikan dan menjadi Perda, tetapi pihaknya optimis yang masih Raperda akan selesai sebelum pergantian tahun, dan yang masih menjadi Prolegda bisa direalisasikan di tahun 2020.

“Saya sih optimis, 5 Raperda yang sudah dalam pembahasan akan bisa ditetapkan menjadi Perda, sebelum masa jabatan saya berakhir, sementara yang belum dibahas menjadi Raperda bisa diajukan kembali di 2020, oleh anggota DPRD baru,” jelasnya.

Politisi Golkar ini melanjutkan, Prolegda ada program strategis, namun pihaknya mengakui bahwa kemampuan DPRD Kota Cilegon masih belum mampu memenuhi capai target untuk merelisasikan prolegda tersebut

“Prolegda kan program strategis bisa dilanjutkan di 2020 untuk yang belum teralisasi dan semoga di tahun berikutnya bisa teralisasi oleh para anggota DPRD yang baru,” ujarnya. (RMP/BTP)

Comments are closed.