Susah tidur? Ini 8 Trik Bikin Mudah Tidur Nyenyak

0
48

Bantentop.com – Entah karena masalah kesehatan atau gaya hidup, banyak orang kesulitan terlelap dan mendapat istirahat yang berkualitas. Apalagi untuk para bos yang kehidupannya penuh kesibukan dan stres sehingga sulit tidur.

Seorang pakar kesehatan bernama Anandi sering mengajarkan para bos di perusahaan caranya beristirahat. Berikut delapan hal yang disarankannya, agar mudah tidur nyenyak.

1. Berdengung Seperti Lebah

Berdengung seperti lebah bisa membuat Anda tidur nyenyak. Teknik yang sering disebut Brahmaree Pranayama dalam yoga tersebut menuntut Anda mengeluarkan suara bergetar dari dalam tanpa membuka mulut. Pertama tarik napas dari hidung dan keluarkan napas sambil berdengung. Itu dikatakan dapat membuat pikiran relaks, membuang energi negatif, dan membantu tubuh untuk tidur.

2. Periksa Hormon

Anda yang sering susah tidur, coba periksa kadar hormon tidur melatonin dalam tubuh. Jika memang rendah, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkannya agar tidur lebih nyenyak. Misalnya dengan bernapas lebih dalam, meditasi, atau bangun lebih pagi.

3. Makan Pisang dan Kurma

Pisang dan kurma bisa membantu Anda mudah tidur nyenyak secara alami. Begitu juga dengan anggur, oatmeal, dan susu. Anandi mengungkap jika makanan-makanan tersebut dapat meningkatkan hormon melatonin yang akan membuat tidur lebih cepat.

4. Pijat Rahang

Orang yang sulit tidur sering menggertakkan gigi ketika terlelap. Hal itu bisa disebabkan karena rahang yang tegang sehingga menciptakan stres pada tubuh. Karena itu, coba pijat rahang dengan gerakan memutar sedalam mungkin. Lakukan selama 30 detik lima kali sehari.

5. Bernapas Seperti Ini

Bernapas pendek-pendek membuat jatung berdetak cepat dan tekanan darah meningkat sehingga Anda susah tidur. Agar mudah tidur nyenyak, ada teknik pernapasan yang bisa dilakukan. Caranya adalah dengan berbaring lalu bernapas, seolah menunggu napas datang. Dengan begitu, Anda akan bernapas lebih lambat, dalam, dan tubuh jadi lebih relaks sehingga tulang iga bisa terbuka untuk menampung lebih banyak oksigen.

6. Pose Yoga 10 Menit

Lakukan pose yoga Viparita karani atau menaikkan kaki agar mudah tidur nyenyak. Anda bisa menyandarkan kaki di tembok ketika melakukannya. Cara ini dikatakan dapat melepas kelelahan di bagian belakang kaki, menghidupkan kembali tulang belakang, dan sistem syaraf. Lakukan 10 menit sambil mengatur pernapasan.

7. Tertawa

Gunakan waktu di sore hari untuk bercanda dengan teman atau menonton sesuatu yang lucu. Tertawa bisa mengeluarkan oksitosin, hormon bahagia yang bisa bantu Anda relaks, meningkatkan sistem imun, dan tentunya membuat tidur lebih nyenyak.

8. Keluar Rumah

Jangan hanya berkutat dalam rumah atau kantor saja. Meski sedang sibuk dan harus bekerja dalam ruangan, sempatkanlah waktu untuk keluar rumah agar serotonin dan melatonin meningkat karena pengaruh cahaya alami. Tak hanya membantu lebih mudah tidur nyenyak, cara ini juga bisa memicu kreativitas. (vha/red).

Sumber: Detik.com

Comments are closed.