5 Manfaat Olahraga Sebelum Sarapan

0
50

Bantentop.com – Bangun pagi masih menjadi hal paling menyebalkan bagi sebagian orang. Cuaca yang dingin dan nyamannya tempat tidur, membuat mata betah terpejam dan tubuh enggan terbangun. Padahal jika ingin sehat, bangun pagi bisa menjadi salah satu langkah utama yang bisa dilakukan.

Tapi tak sekadar bangun pagi, olahraga pagi lah yang bisa membantu Anda mendapatkan tubuh yang sehat dan pikiran yang segar. Beberapa penelitian telah melihat bahwa olahraga sebelum sarapan, dapat membantu mencegah berbagai masalah kesehatan. Khususnya bagi Anda yang ingin turun berat badan, olahraga sebelum sarapan bisa menjadi kunci sukses Anda mencapai berat badan yang ideal.

Lalu, olahraga apa saja yang baik dilakukan sebelum sarapan? Pada dasarnya, lakukanlah olahraga yang sesuai minat Anda, latihan ringan pun cukup untuk membuat Anda tetap segar. Tak perlu memaksakan diri melakukan latihan yang berat, yang ada Anda malah kecapekan dan bisa jatuh sakit.

Untuk Anda yang ragu untuk benar-benar berolahraga saat perut masih kosong, Anda boleh meminum segelas air putih hangat dan beberapa butir kacang almond sebelum berolahraga, walaupun berolahraga saat perut kosong sebenarnya juga tidak berbahaya asal tidak berlebihan.

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda tuai dari berolahraga sebelum sarapan:

1. Meningkatkan energi

Saat Anda tidur di malam hari, energi digunakan untuk melakukan proses metabolisme tubuh. Olahraga ringan di pagi hari sebelum sarapan, meskipun hanya sekitar 30 menit, dapat membantu mengisi energi tubuh Anda dan bahkan meningkatkannya. Tapi, sarapan sehat setelah berolahraga juga menjadi suatu keharusan untuk dilakukan.

2. Membantu menurunkan berat badan

Berolahraga dengan perut kosong membantu membakar lebih banyak lemak. Oleh karena itu, berolahraga sebelum sarapan adalah salah satu pilihan terbaik untuk menurunkan berat badan. Anda yang ingin menurunkan berat badan, harus benar-benar memastikan, bahwa kalori yang dibakar lebih banyak daripada kalori yang dikonsumsi.

3. Membangun otot

Ketika Anda berolahraga sebelum sarapan, perut yang kosong dapat memicu perubahan hormon, sehingga dapat membantu membakar lebih banyak lemak dan membantu membangun otot. Seusai berolahraga, sarapan sehat dengan kandungan protein yang baik akan sangat membantu membentuk otot-otot di tubuh Anda.

4. Membantu mengontrol diabetes

Diabetes adalah salah satu masalah kesehatan serius yang angka kejadiannya terus meningkat. Ketika Anda berolahraga di pagi hari sebelum sarapan, ini dapat membantu melindungi Anda dari intoleransi glukosa dan resistensi insulin. Ini merupakan kegiatan yang bermanfaat, terutama dalam mencegah diabetes tipe-2.

5. Membantu mengontrol tekanan darah

Jalan cepat, jogging, berenang, latihan di treadmill, atau bahkan aerobik adalah beberapa latihan terbaik yang bisa dilakukan sebelum sarapan. Melakukan olahraga ini, dapat membantu mengatur aliran darah, mengontrol tingkat tekanan darah dan mencegah tekanan darah tinggi. (vha/red).

Sumber: Health.id

Comments are closed.