Tips Untuk Berdamai dengan Kulit Berminyak

0
20

Bantentop.com – Memiliki kulit yang berminyak memang menjadi salah satu masalah yang menyebalkan. Kulit yang berminyak, cenderung lebih rentan terhadap pertumbuhan jerawat dan juga komedo. Inilah mengapa, Anda harus benar-benar telaten dalam merawat kulit yang berminyak.

Kulit yang berminyak terjadi karena kelenjar sebaceous memproduksi terlalu banyak sebum, yang pada akhirnya membuat kulit nampak sangat berminyak. Sebum sebenarnya memiliki tugas untuk melindungi kulit, dan memberikan kelembapan alami pada kulit. Tapi, sekresi sebum yang berlebih justru menjadi penyebab dari banyak masalah di kulit.

Faktor genetik, lingkungan, dan gaya hidup, merupakan beberapa faktor utama yang menjadi penyebab dari kulit berminyak. Tapi, jangan terlalu larut dalam rasa kesal karena sering mengalami masalah kulit, Anda yang memiliki kulit berminyak bisa melakukan perawatan ini agar kulit berminyak bisa bebas dari masalah.

Berikut tips perawatan untuk kulit berminyak yang bisa Anda lakukan di rumah:

Pilih pembersih yang tepat

Carilah pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Idealnya, pembersih harus yang berbentuk gel transparan dengan tekstur yang tidak terlalu creamy. Pilihlah juga produk yang mengandung benzoil peroksida, asam salisilat, dan tea tree oil, karena bahan-bahan ini yang dipercaya paling cocok untuk merawat kulit berminyak.

Hindari memakai makeup yang berat

Produk makeup yang berat seperti foundation, ada baiknya menjadi produk yang dihindarkan. Ini karena pemakaian foundation bisa menyumbat pori-pori, dan menghasilkan lebih banyak minyak di kulit. Anda dapat beralih ke BB cream atau pelembap berwarna untuk mengganti penggunaan foundation.

Selalu pakai pelembap

Kulit yang berminyak, bukan berarti tak perlu dilembapkan lagi, justru ketika Anda tidak melembapkan kulit, ini akan membuat produksi minyak semakin berlebih.  Untuk menghindari hal ini, pastikan Anda selalu melembapkan kulit Anda. Carilah produk kecantikan yang mengandung bahan-bahan seperti lidah buaya, gliserin, dan asam hialuronat, dan sebisa mungkin hindari produk-produk yang memiliki kandungan minyak kelapa, dan mentega kakao.

Jangan lupakan toner

Toner bisa menjadi salah satu produk andalan bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak. Toner dapat membantu mengatur tingkat pH kulit. Pakailah toner yang lembut dan bebas alkohol untuk merawat kulit berminyak Anda. (vha/red).

Sumber: Health.id

Comments are closed.