Timpora Temukan 51 Tenaga Kerja Asing Di KPMS Ilegal

0
34

CILEGON – (BTP) Tim Pengawas Orang Asing (Timpora) yang terdiri dari Perwakilan Kantor Imigrasi Kelas II Cilegon, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Tenaga Kerja, Kepolisian dan TNI melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke PT. Krakatau Posco Maintenance Service (KPMS), selasa (03/09/2019).

Kedatangan petugas ke pabrik baja ini membuat panik para pekerja di lingkungan kantor dan langsung menanyakan keberadaan Warga Negara Asing (WNA) dan memeriksa dokumen-dokumen para Tenaga Kerja Asing (TKA) yang bekerja di perusahaan tersebut.

Saat pemeriksaan dokumen Tenaga Kerja Asing (TKA) berlangsung, para petugas menemukan sebanyak 51 Warga Negara Asing (WNA) asal Korea Selatan yang bekerja di pabrik tersebut dengan dokumen keimigrasiannya telah kadaluarsa.

Tim Pengawas Tenga Kerja Asing Nur Fauziah mengatakan, pihaknya melakukan pengecekan dokumen-dokumen para WNA yang bekerja di perusahaan tersebut seperti izin tinggal, izin bekerja dan dokumen keimigrasian.

“Saat kita konfirmasi ke pihak perusahaan, mereka mengaku semua data sudah, tapi masih di agent. Kita beri kesempatan kepada mereka sampai besok. Jika besok belum, kita koordinasi lagi. Bahkan saat kita cek ada dokumen yang telah habis seperti hingga akhir agustus 2019, dan ada yang sampai bulan agustus 2018,” katanya.

Nur Fauziah menjelaskan, alasan banyaknya dokumen TKA yang telah kadaluarsa lantaran pihak perusahaan kekurangan tenaga administrasi sehingga dokumen selama satu tahun tidak di-update.

“Kita akan cari tahu kesalahan dokumen TKA yang telah habis tersebut ada di pihak agent atau pihak perusahaan. Dan dalam waktu dekat kita akan kunjungi ke pihak agent,” (RMP/BTP)

Comments are closed.