DWP Kemenhub Berikan Penghargaan Kepada Ratusan Penjaga Menara Suar Di Indonesia

0
34

SERANG – (BTP) – Sebanyak 491 penjaga dari 284 menara suar yang berada diseluruh Indonesia diberikan apresiasi atas baktinya untuk menjaga kenavigasian kapal. Hal ini sebagai rangkaian dari peringatan Hari Perhubungan Nasional yang akan jatuh pada 17 September mendatang.

“Penjaga menara suar memiliki jasa yang besar dalam kenavigasian kapal yang ada di Indonesia. Selain itu, jika mercusuar berada di pulau terluar menuntun kapal, mereka juga menjaga perbatasan,” kata Direktur Kenavigasian Kementrian Perhubungan RI Basar Antonius, di Cikoneng Anyer, selasa (10/9/2019).

Pihaknya juga menyatakan, apresiasi tersebut sebagai bentuk perhatian pemerintah atas jasanya menjaga menara suar. Apresiasi tersebut, akan diberikan kepada seluruh penjaga menara suar yang ada di 25 distrik navigasi di seluruh Indonesia.

“Hari ini pemberian apresiasi kepada 68 penjaga menara suar hanya simbolis saja, karena sisanya akan diberikan kepada seluruh penjaga menara suar oleh kepala distriknya masing-masing,” jelasnya.

Basar Antonius mengungkapkan, untuk para penjaga menara suar ini akan di rotasi per tiga bulan, hal tersebut perlu dilaksanakan agar mencegah terjadinya kejenuhan para penjaga menara suar.

“Ya perlu ada rotasi dan mutasi agar mereka tidak bosan,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Pembina Dharma Wanita Perhubungan Endang Budi Karya Sumadi mengaku sangat bangga dan mengapresiasi atas bakti para penjaga menara suar tersebut. Pasalnya tidak sedikit dari mereka meninggalkan keluarganya untuk menjaga menara suar.
Selain itu, dirinya juga berharap, para insan Perhubungan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat demi mewujudkan keselamatan transportasi.

“Tetaplah semangat bekerja dan berkarya demi kemajuan Perhubungan dan Kenavigasian,” tukasnya.

Selain kepada para penjaga Menara Suar, DWP juga menyampaikan bantuan sosial berupa santunan kepada anak yatim piatu di wilayah sekitar Menara Suar Cikoneng. (RMP/BTP)

Comments are closed.