Ganggu Arus Kapal, KSOP Banten Gelar Bersih Bersih Laut

0
22

SERANG – (BTP) – Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas I Banten bersama dengan ratusan pekerja baik dari instansi pemerintah maupun swasta, menggelar Gerakan Bersih Laut di Pantai Paku, Anyer, Kabupaten Serang, kamis (12/09/2019).

Kabag TU KSOP kelas I Banten, Heri Bowo Senoputra mengatakan, kegiatan ini digelar secara serentak di seluruh Indonesia, dalam rangka memecahkan rekor muri sebagai gerakan bersih laut memungut sampah terbanyak di Indonesia, dan untuk Banten digelar di Pantai Paku.

Digelarnya gerakan bersih laut di Pantai Paku, lanjut Heri karena di lokasi tersebut, sampah cukup banyak dan berserakan baik di pantai maupun di laut, khususnya sampah plastik. Padahal, sampah terutama plastik selain mengganggu ekositem laut, juga menganggu mesin kapal.

“Sampah yang berada di laut akan mengganggu ke sistem stabilitas kapal saat berlayar, karena kadang propeller ada yang tersangkut sampah. Ini tentunya sangat mengangu keselamatan pelayaran. Ini yang menjadi salah satu faktor kenapa Kementerian Perhubungan juga peduli akan kebersihan sampah di laut,” ujarnya.

Pihaknya juga menyatakan, untuk langkah ke depan akan mencari solusi agar sampah tidak dibuang berserakan di pantai maupun laut, baik itu dengan menyediakan tempat sampah atau memberi masukan tentang sistem pengelolaan sampah.

“Kebetulan ada perusahaan yang mengelola sampah, yang semula dari sampah menjadi barang yang bermanfaat, makanya kami mengajak agar masyarakat tidak membuang sembarangan tapi dikumpulkan untuk menjadi barang yang lebih bermanfaat,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari peringatan hari perhubungan nasional, yang jatuh pada 17 Setmber mendatang. Gerakan bersih laut tersebut juga tidak hanya digelar di Banten, melainkan di 250 daerah lainnya di Indonesia. (RMP/BTP).

Comments are closed.