Walikota Cilegon Resmikan Industri Pengolahan Sampah

0
28

CILEGON – (BTP) – Walikota Cilegon Edi Ariadi meresmikan Industri Pengolahan Sampah (IPS) Managemen Sampah Zero Sampah (Masaro) di Lingkungan Serdag, Kelurahan Kotabumi, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon, kamis (12/09/2019).

Walikota Cilegon Edi Ariadi mengatakan, pihaknya telah melakukan program pengelolaan sampah terpadu (Integrated Solid Waste Management) dengan membangun transfer depo di setiap Kecamatan dan TPS 3R yang tersebar di seluruh wilayah di Kota Cilegon.

“Saat ini sudah terbangun 5 trans depo di 5 Kecamatan diantaranya Kecamatan Jombang, Cibeber, Citangkil, Grogol dan yang baru terbangun di Kecamatan Purwakarta,” katanya.

Edi menjelaskan bahwa berdasarkan data dari Dinas LH Kota Cilegon bahwa volume sampah yang dihasilkan perharinya mencapai angka 1.345,05 M3 dari volume tersebut baru 70% yang dapat ditangani oleh Dinas LH Kota Cilegon.

“Dinas LH telah melakukan banyak upaya dalam mengenai persoalan sampah di Kota Cilegon. Selain upaya yang telah kota lakukan perlu ada juga kesadaran dari masyarakat serta dukungan dari dunia usaha, yaitu salah satunya melalui pengembangan IPS Masaro,” jelasnya.

Walikota berharap dengan konsep IPS Masaro ini merupakan langkah tepat bagi penanganan persoalan sampah di Kota Cilegon dan juga diharapkan mampu menghasilkan sumber energi baru bagi pembangunan, mewujudkan kelestarian lingkungan hidup di Kota Cilegon serta mampu memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat Kota Cilegon.

“Semoga konsep IPS Masaro ini dapat segera dikenal luas oleh masyarakat, sehingga masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam penanganan sampah di Kota Cilegon. Disamping itu, secara ekonomis masyarakat juga bisa mendapatkan penghasilan lain atas upaya tersebut dan juga kedepannya IPS Masaro ini bisa bekerjasama dengan sekolah-sekolah yang ada di Kota Cilegon guna mengedukasi para siswa dan siswi akan pentingnya kebersihan,” harapnya. (RMP/BTP).

Comments are closed.