CILEGON – (BTP) – Forum Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) akhirnya dibentuk di Kota Cilegon, pada jumat (04/10/2019).

Ketua Forum KIM Kota Cilegon Ahmad Mahdi mengatakan, KIM sendiri berfungsi sebagai penyerap informasi dari masyarakat dan dari pemerintah serta mengolah informasi tersebut, hingga dapat tersebar lebih luas dan menjadi informasi yang bermanfaat.

“Pembentukan forum KIM Kota Cilegon tersebut atas pemerintah KIM Provinsi Banten. Pasalnya, saat ini keterbukaan sangat penting untuk masyarakat. Oleh karena itu, KIM ini akan dibentuk sampai tingkat kelurahan, karena sejauh ini belum semua kelurahan ada KIM nya,” katanya.

Pihaknya menambahkan, bahwa KIM diperlukan oleh masyarakat karena berperan dalam peningkatan akses informasi pada masyarakat dan pemerintah.

“KIM sangat diperlukan untik kebutuhan informasi kepada pemerintah dan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana pembentukan KIM Kota Cilegon Hasaudin Rahim mengungkapkan, KIM Kota Cilegon dibentuk sebagai jawaban atas pertanyaan KIM Provinsi Banten, yang mempertanya KIM Kota Cilegon yang belum terbentuk, sementara di tingkat kecamatan sudah ada.

“Sebagai lembaga penyaring informasi baik dari pemerintah ke masyarakat dan sebaliknya, KIM diikuti oleh berbagai lapisan masyarakat, baik dari lembaga yang ada kaitannya langsung dari pemerintah, seperti Karang Taruna, KNPI, bahkan komunitas motor dan lain-lain,” ujarnya.

Selain penyaring informasi, Hasanudin menjelaskan, KIM juga memiliki fungsi untuk pemberdayaan social kemasyarakatan guna meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Bisa kita jadikan contoh penggiat KIM nusantara, mereka memberdayakan masyrakat hingga perekonomiannya terangkat,” jelasnya. (RMP/BTP)