Pemkot Cilegon Raih Penghargaan Pelayanan Kepegawaian Terbaik

0
40

CILEGON – Badan Kepegawaian Nasional (BKN) menggelar BKN Awards 2019. Kegiatan yang digelar BKN Kantor Regional (Kanreg) III Bandung itu memberikan penghargaan kepada Pemkot Cilegon dalam kategori ‘Responsivitas Penggunaan Aplikasi Mang Asep by Arek dalam Proses Pelayanan Kepegawaian Tahun 2019′.

Penghargaan diberikan Kepala BKN Bima Arya Wibisana didampingi Kepala Kanreg III Bandung Imas Sukmariah. Sedangkan dari Pemkot Cilegon, penghargaan diterima langsung Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Cilegon Mahmudin.

Usai menerima penghargaan, Mahmudin menjelaskan bahwa setiap tahun BKN melakukan evaluasi pengelola kepegawaian di seluruh Indonesia. Evaluasi itu sekaligus mengapresiasi pengelola kepegawaian yang berprestasi. “Sistem penghargaan dibagi per regional. Kita masuk dalam regional III Bandung,” jelas Mahmudin, Kamis (3/10/19).

Menurutnya, Cilegon sudah berhasil meraih tiga penghargaan, yakni sebagai pengguna CAT (computer assisted test) dalam pelaksanaan seleksi CPNS dan sertifikasi untuk asesment khusus fungsional yang sudah diikuti hampir 800 orang. Puncaknya, penghargaan diberikan saat BNK Award, Kamis (3/10).

Aplikasi ‘Mang Asep by Arek’ yang dikembangkan BKN, kata Mahmudin, sejalan dengan aplikasi yang sedang dikembangkan BKPP Kota Cilegon, yakni SIDAK (sistem informasi data kepegawaian berbasis digital).

“Aplikasi ini memudahkan pegawai. Kalau ada pegawai mau naik pangkat, tidak harus mengumpulkan berkas sebab sudah discaning dalam bentuk digital. Tinggal ketika nanti naik pangkat data tersebut direkon dengan data yang ada di BKN,” jelasnya.

Selain Aplikasi SIDAK, kata Mahmudin, BKPP Kota Cilegon juga tengah mengembangkan satu aplikasi lainnya, yakni SIAK (Sistem Informasi Arsip kepegawaian). Saat ini baik SK CPNS, kenaikan pangkat, maupun
dokumen kepegawaian lainnya disimpan dalam bentuk arsip digital.

“Jadi dengan SIDAK dan SIAK, pelayanan kepegawiaan di Cilegon lebih optimal. Yang diuntungkan seluruh ASN karena pelayanan kepegawaian dimudahkan,” tandasnya. (Advertorial)

Comments are closed.