Kemenhub Keluarkan Izin PT. LCI Keruk Pasir Laut

0
28

CILEGON – (BTP) – Kementerian Perhubungan Melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banten akhirnya mengeluarkan izin pengerukan pasir laut, sebanyak 3,5 juta kubik untuk reklamasi pembangunan PT. Lotte Chemical Indonesia (LCI).

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banten Herwanto, jumat (11/10/2019) mengatakan, dikeluarkannya izin keruk pasir laut di perairan selat sunda ini berdasarkan atas Keputusan Menteri Perhubungan No KM 195 tahun 2019 tentang Persetujuan Kepada PT. Lotte Chemical Indonesia (LCI) untuk melakukan kerja keruk pasir laut yang telah ditandatangani oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi tertanggal 01 Oktober 2019.

“Sebanyak 3,5 juta kubik pasir laut akan dikeruk untuk pengerjaan reklamasi seluas 12 hektar. Kami (KSOP) akan terus melakukan pengawasan agar pengerukan tidak mengganggu lalu lintas kapal, dan pengawasan ini agar tidak menyalahi aturan yang sudah ditetapkan,” katanya.

Herwanto menyatakan, telah menerima persetujuan kegiatan pengerukan dan reklamasi dari Kementerian Perhubungan untuk PT. Lotte Chemical Indonesia. Dan rencananya penyedotan pasir laut menggunakan kolam labu atau Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS).

“Apabila kualitas pasir laut di Gosong Serdang tidak bagus. Maka penyedotan akan dilakukan di sekitar Pulau Sangiang, dan izin pengerukan ini pun telah sesuai yang diizinkan,” jelasnya.

Meskipun pengerukan pasir laut sebagai tempat hilir mudik kapal, Herwanto mengaku, PT. LCI masih mempersiapkan segala hal yang akan dikerjakan seperti pemasangan bouy, pergelaran pipa serta persiapan beberapa teknis lainnya.

“Sampai saat ini sih belum melakukan aktifitasnya, tapi rencananya hari minggu pipa akan mulai digelar yang pada pelaksanaannya akan terus kami awasi dan jangan sampai melanggar dari izin yang dikeluarkan,” tuturnya. (RMP/BTP)

Comments are closed.