Program Smart Card Dishub Kota Cilegon Diimplementasikan Tahun 2021

0
51

CILEGON – (BTP) – Pemerintah Kota Cilegon melalui Dinas Perhubungan melakukan sosialisasi penerapan Smart Card untuk uji kir kendaraan di salah satu hotel, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, selasa (15/10/2019).

Walikota Cilegon Edi Ariadi mengatakan, pemberlakukan Smart Card sebagai pengganti buku uji merupakan kebijakan nasional dan program dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat yang tujuan utama penerapannya adalah untuk menhindari kemungkinan terjadi kecurangan dalam melakukan uji kelaikan kendaraan (KIR).

“Penerapan Smart Card untuk uji kir akan efektif dilakukan pada 2021 mendatang. Dan buku kir akan diganti dengan kartu ini. Dan kita akan berupaya untuk mempercepat prosesnya untuk memenuhi kebutuhan sarana prasarana penunjang menuju penerapan Program Smart Card,” katanya.

Edi mengaku, pihaknya telah melakukan beberapa hal dalam penerapan program Smart Card dan sedang berupaya meningkatkan kwalitas infrastruktur jalan guna menunjang mobilitas yang tinggi di Kota Cilegon.

“Ada beberapa hal yang sudah dilakukan oleh OPD teknis Dinas Perhubungan yang beberapa diantaranya menyiapkan aplikasi hardware dan software, serta menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk pelayanan pengujiannya dan mempercepat revisi Peraturan Daerah (Perda) tentang retribusi pengujian kendaraan bermotor,” ujarnya. (RMP/BTP)

Comments are closed.