Tahapan Pilkada Dimulai, KPU Kota Cilegon Ubah Form Jalur Perseorangan

0
27

CILEGON – (BTP) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon menggelar sosialisasi tahapan awal pelaksanaan pilkada 2020 di salah satu hotel, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, rabu (16/10/2019).

Ketua KPU Kota Cilegon Irfan Alfi mengatakan, sosialisasi ini merupakan informasi awal tahapan pilkada, sekaligus menyampaikan adanya perbedaan Formulir Form B1KWK yang berbeda dengan Form pilkada jalur Perseorangan sebelumnya.

“Ini dalam rangka menyampaikan beberapa informasi awal, terkait tahapan pelaksanaan pilkada,” katanya.

Irfan melanjutkan, salah satu sterssing point yang disampaikan adalah tentang persyaratan Form B1BKWK, terkait dengan regulasi-regulasi yang lain, perubahan itu nanti akan di sampaikan, mengingat sampai saat ini revisi-revisi PKPU terkait pencalonan masih terus berjalan.

“Formnya berada dalam satu lembar, ini yang perlu kita sampaikan jauh-jauh hari kepada semua lapisan masyarakat, yang memang barangkali memiliki kans untuk mengikuti proses kandidasi di jalur perseorangan,” lanjutnya.

Adapun untuk jalur perseorangan, Irfan mengaku, penyerahan dukungannya akan lebih awal dibanding jalur partai politik, dimulai dari 11 Desember hingga 5 Maret 2020. Jumlah kisaran dukungan adalah 8,5% dari DPT yang ada, atau sekitar 24.600 dukungan.

“Proses jalur perseorangan ini, penyerahanan dukungannya akan lebih awal dibanding pasangan calon dari partai,” ujarnya.

Sementara itu, Ali Mujahidin Salah satu Bacalon Walikota yang mendaftar satu paket bersama Artis sinetron Lian Firman mengaku, setuju dengan adanya perubahan Form untuk jalur Independent, karena menurutnya itu lebih fair.

“Bagus Justru itu lebih detil dan menjamin kepastian,” tukasnya. (RMP/BTP)

Comments are closed.