Warga Gagalkan Aksi Pencurian Kabel PLN

0
37

CILEGON – (BTP) – Aksi Pencurian kabel milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) kembali terjadi diwilayah hukum Polsek Ciwandan tepatnya di Jl Raya Anyar, Kelurahan Samangraya, Kecamatan Citangkil. Kota Cilegon, jumat (18/10/2019).

Namun aksi pencurian kabel tersebut dapat digagalkan pemuda yang pada saat itu sedang ronda malam.

Rudi seorang warga yang berhasil memergoki aksi pencurian mengatakan, kejadian pencurian kabel milik PLN ini terjadi pada jam 04.00 malam, ketika pihaknya dengan beberapa pemuda lain sedang melakukan ronda malam, dan sedang keliling

“Kami curiga dengan adanya sekumpulan orang yang tidak dikenal sedang memotong-motong dan memonggok kabel dibarengi dengan padamnya lampu. Sehingga kami meneriaki mereka hingga terjadi aksi kejar-kejaran antara maling dan kami yang membuat para pencuri tersebut lari tunggang langgang dengan meninggalkan hasil curianya ditengah jalan,” katanya.

Rudi mengaku, setelah mereka lari tunggang langgang dengan meninggalkan hasil pencurianya akhirnya kami melaporkan ke petugas PLN untuk memperbaiki gardu yang padam akibat dicurinya kabel PLN tersebut.

“Kami lalu melaporkan ke pihak PLN bahwa ada pencurian kabel PLN tidak berselang lama petugas PLN tersebut mengamankan kabel hasil pencurian dan selanjutnya memperbaiki gardu agar lampu segera dinyalahkan,” ujarnya.

Andri selaku petugas rekanan dari PLN, PT Heleyora membenarkan adanya tindakan pencurian kabel PLN dan dari tindakan pencurian tersebut listrik disebagian wilayahnya padam.

“Benar kami mendapat laporan dari warga bahwa ada yang nyuri kabel, kami langsung bergegas ke TKP, ternyata benar ada pencurian kabel gardu Samangraya,” katanya.

Dirinya menuturkan, kejadian pencurian kabel di wilayah hukum Ciwandan ini bukan yang pertama, kejadian semacam ini sering terjadi dalam satu minggu ini sudah dua kali terjadi dengan modus sama yakni pemotongan kabel dari gardu kecil.

“Kejadian semacam ini sering terjadi, modusnya sama dengan memotong kabel induk di gardu kecil,” tuturnya. (RMP/BTP)

Comments are closed.