Potensi Penyakit Stroke Tinggi, 1 berbanding 4 Orang

0
40

CILEGON – (BTP) – Dalam rangka memperingati hari stroke se-dunia, Jajaran Pegawai di Lingkungan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Cilegon menggelar peringatan hari stroke sedunia dengan senam otak depan halaman Rumah Sakit Umum Daerah Kota Cilegon (RSUD), selasa (29/10/2019).

Pelaksana Tugas Direktur RSUD Kota Cilegon Hanna Johan mengatakan, mencegah merupakan upaya lebih baik dari pada mengobati. Oleh sebab itu, pihaknya menyelenggarakan senam otak sebagai upaya untuk mencegah agar tidak terkena penyakit stroke atau terserang stroke dengan melakukan aktifitas fisik.

“Harus dilakukan seperti senam, menggerakan anggota tubuh, mengurangi resiko gula darah dan makanan yang mengandung kolesterol tinggi, sehingga tidak mudah terserang stroke,” katanya.

Hanna melanjutkan, senam merupakan bentuk memotivasi pasien dan warga untuk selalu hidup sehat yang diharapkan hal tersebut bisa rutin dilakukan.

“Minimalnya seminggu sekali untuk mengurangi resiko stroke. Jika Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) minimal 30 menit perharinya,” lanjutnya.

Sementara itu, Dokter Spesialis Syaraf RSUD Kota Cilegon, Mila Aryani menjelaskan, stroke merupakan penyakit tidak menular namun sangat membunuh. Menurut data 1 dari 4 orang berpotensi terserang stroke.

“Pada 2018 lalu masih 1 berbanding 6, sekarang (2019.red) sudah mencapai 1 berbanding 4, sehingga diharapkan hal tersebut bisa dicegah dengan pola gaya hidup dan pola makan yang sehat,” jelasnya. (RMP/BTP)

Comments are closed.