Ribuan Warga Di Kota Cilegon Masih Ditemukan Dolbon

0
26

CILEGON – (BTP) – Sekitar tiga ribu jiwa warga di Kota Cilegon masih melakukan buang air besar sembarangan (BAB) di kebon atau biasa dikenal dengan istilah modol di kebon (Dolbon). Hal ini masih menjadi tradisi warga di dua Kecamatan yakni Kecamatan Ciwandan dan Kecamatan Jombang yang masih memanfaatkan kebun untuk membuang hajat.

Ketua Umum Penggiat Lingkungan Hidup dari Yayasan Banten Antisipator Lingkungan Hidup Indonesia (Balhi) Heri JB mengatakan, dari data yang dipegang Balhi terdapat tiga ribu jiwa warga Kota Cilegon masih BAB sembarangan, dan itu perlu kerja maksimal untuk merubah mainset warga agar tidak dolbon sembarangan.

“Berdasarkan data yang kita punya ada tiga ribu jiwa yang masih memanfaatkan kebun sebagai media buang hajat. Dan untuk itu, harus ada peran serta semua pemangku kebijakan untuk merubah mainset warga agar mengedapankan pola hidup sehat,” katanya kamis (14/11/2019).

Heri melanjutkan, warga yang masih melakukan buang hajat sembarangan itu yang paling banyak berada di Kecamatan Ciwandan yang mana notabenenya di Kecamatan tersebut banyak industri berskala Internasional, yang kedua oleh Kecamatan Jombang yang notobenenya dekat dengan pusat pemerintahan.

“Untuk di Kecamatan Ciwandan dari data kita ada sekitaran 500 jiwa yang masih dolbon, disusul Kecamatan Jombang sekitar 430 jiwa dan sisanya tersebar di Kecamatan lain yang ada di Kota Cilegon. Kalau ini tidak segera dibenahi akan menjadi preseden buruk bagi Kota Cilegon. Kalau hal ini tidak dibenahi bersama-sama baik Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan pemangku kebijakan lainnya akan menjadi preseden buruk bagi kota Cilegon untuk menuju masyarakat hidup sehat,” ujarnya. (RMP/BTP)

Comments are closed.