SERANG – (BTP) – Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia mengamankan kapal KN SPOB NOAH 99 yang mengangkut muatan bahan bakar minyak jenis solar sebanyak tiga puluh lima ton di Perairan Bojonegara, Kabupaten Serang.

Direktur Operasi Laut Bakamla Republik Indonesia Laksamana Pertama Nursyawal embun saat konferensi persnya pada kamis (21/11/2019) mengatakan, diamankannya kapal pengangkut BBM jenis solar ini setelah petugas Bakamla melakukan patroli di sekitar perairan bojonegara dengan menggunakan sea rider.

“Saat petugas melakukan patroli, kapal KN Belut Laut milik Bakamla mendeteksi adanya kontak sebuah kapal yang sedang melakukan transaksi antara kapal kapal Tug Boat dengan kapal KN SPOB Noah 99 yang sedang menempel atau berdekatan di tengah laut,” katanya.

Perwira tinggi ini melanjutkan, adanya deteksi kontak tersebut, petugas Bakamla langsung melakukan pengejaran terhadap kapal KN SPOB NOAH 99 yang diduga membawa solar secara ilegal, namun kapal tug boat saat ini masih dalam pengejaran petugas.

“Dalam pemeriksaan sementara, kapal KN SPOB NOAH 99 yang berhasil diamankan, dokumen kapal tersebut dinyatakan lengkap, namun legalitas pengiriman muatan BBM, para kru kapal tidak dapat menunjukan dokumen izin bbm,” ujarnya.

Nursyawal menyatakan, selain mengamankan kapal muatan BBM solar ilegal ini, badan keamanan laut juga telah mengamankan enam orang kru kapal dan anak buah kapal untuk dimintai keterangan.

“Kita saat ini masih terus melakukan penyelidikan dan pendalaman atas kasus transaksi dugaan BBM ilegal dengan mengandeng stakeholder yang berwenang untuk dapat membongkar kasus dugaan transaksi BBM yang dilakukan secara ilegal, dan akan menghitung jumlah kerugian negara ditahap penyidikan, dengan diamankannya BBM ilegal ini keuangan negara dapat terselamatkan,” jelasnya (RMP/BTP)