Menteri Perindustrian Resmikan Perluasan Pabrik Carbon Black

0
23

CILEGON – (BTP) – Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita meresmikan perluasan pembangunan fase pertama PT Cabot Indonesia yang berada di kawasan Krakatau Industrian Estate, Kota Cilegon, kamis (21/11/2019).

Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, ini fase pertama PT. Cabot Indonesia yang berdiri di kawasan Krakatau Industrial Estate dalam perluasan pembangunan mendapat apresiasi pemerintah, khususnya dari Kementerian Perindustrian yang menyambut baik karena merupakan salah satu bentuk kerjasama pemerintah dan industri yang ditunggu-tunggu.

“Alasan kita yang mengapresiasi ini sebagai upaya peningkatan kapasitas produksi, dikarenakan saat ini pemerintah tengah giat mencari jalan keluar untuk memecahkan persoalan dalam memenuhi kebutuhan carbon black yang selama ini belum tercukupi,” katanya.

Agus melanjutkan, kebutuhan carbon black setiap tahunnya diketahui tak kurang dari 230 ribu ton, sementara produksi carbon black di Indonesia baru mampu mencukupi 30 persennya. Sehingga 70 persen lainnya terpaksa masih impor yang didatangkan dari beberapa negara seperti China, India dan beberapa negara lainnya.

“Material carbon black merupakan komponen yang dibutuhkan untuk bahan dasar pembuatan produksi seperti ban yang potensi pasarnya masih cukup tinggi untuk menunjang keberadaan industri yang memproduksi komponen semacamnya,”

Menperin berharap, dari kebutuhan 230 ribu ton, 70 persennya masih impor bisa mengurangi ketergantungan impor sehingga dapat lebih menyehatkan neraca perdagangan indonesia.

“Kedepan, PT Cabot Indonesia dengan ekspansi atau perluasan peningkatan kapasitas produksi dapat mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap kebutuhan pasokan impor carbon black dari negara lain, sehingga neraca perdagangan indonesia bisa kembali sehat,” tukasnya. (RMP/BTP)

Comments are closed.