Ketua DPRD Kota Cilegon Blokade Pabrik PT Dover Chemical

0
24

CILEGON – (BTP) – Ketua DPRD Kota Cilegon Endang Effendi bersama puluhan warga Lingkungan Kali Baru, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon menggeruduk sebuah pabrik kimia PT Dover Chemical, pada kamis malam tadi (21/11/2019).

Pantauan di lapangan, selain menggeruduk, Ketua DPRD Kota Cilegon bersama puluhan warga juga memblokade akses pintu masuk pabrik dengan menggunakan kendaraan dinasnya di area pintu masuk kilang produksi kimia dan memasang tumpukan batu dan karung yang berisi pasir di tengah jalan pintu masuk pabrik.

Ketua Pemuda Lingkungan Kali Baru mengatakan, para warga ini spontan mendatangi PT Dover Chemical lantaran warga di Lingkungan Kali Baru merasa terganggu saat hendak istirahat di malam hari hingga mengalami sesak nafas akibat mencium bau aroma dari kebocoran gas.

“Ini kejadian sering sekali mengeluarkan aroma bau yang tidak mengenakan dan menyengat hingga warga ada yang mengalami mual-mual. Dan pabrik ini sudah sampai satu bulan sangat sering terjadi dan mengganggu warga sekitar,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Cilegon Endang Effendi yang berada di lokasi juga mengaku kesal dengan management PT Dover Chemical. Padahal, pihaknya melalui Komisi II dan Komisi IV sebelumnya telah melakukan pemanggilan dan mediasi beberapa kali atas peristiwa yang dialami warga. Dan sekarang malah terjadi lagi, dan ini sangat merugikan masyarakat.

“Saya juga disini tidak enak tidur ada telpon dan whatsapp dari warga yang akan memblokade pabrik. Ya terpaksa saya turun dan sekalian aja daripada blokade pakai batu, saya blokade saja dengan mobil dinas saya. Bila perlu sampai pagi, tidak apa-apa saya pulang naik angkot juga karena ini demi membela warga yang terganggu akibat adanya kebocoran gas,” katanya.

Endang juga merasa heran dan ingin tahu yang mengoperasikan pabrik didalamnya ini manusia apa siluman.

“Kan sedang beroperasi tiba-tiba ada kebocoran gas, masa tidak ada satupun pihak perusahaan yang mau menemui saya bersama warga disini untuk minta penjelasan, tapi sampai saat ini juga belum ada keterangan dari pihak PT Dover Cheminal,” tukasnya. (RMP/BTP)

Comments are closed.