Pemkot Cilegon Dukung Gernas PPG Cegah Stunting

0
26

CILEGON – (BTP) – Pemerintah Kota Cilegon melalui Dinas Kesehatan menggelar kegiatan Pencegahan dan Penanggulangan Stunting Kota Cilegon, di salah satu hotel Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, rabu (27/11/2019).

Walikota Cilegon Edi Ariadi mengatakan, Pemkot Cilegon berkomitmen melakukan pencegahan dan menanggulangi Stunting dan mendukung secara serius Gerakan Nasional Percepatan Perbaikan Gizi (Gernas PPG) yang telah ditetapkan Pemerintah Pusat melalui Peraturan Presiden (Perpres) nomor 41 tahun 2013 tentang Gernas PPG dalam 100 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

“Penurunan Stunting ditetapkan sebagai program prioritas nasional yang harus dimasukan ke dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP), sehingga seluruh lapisan masyarakat, termasuk swasta perlu mendukung dan berperan aktif dalam bidang kesehatan terutama dalam peningkatan gizi masyarakat,” katanya.

Edi menjelaskan bahwa untuk Stunting sendiri pemerintah menargetkan di angka 30,8 persen sementara World Health Organization (WHO) minta harus di angka 20 persen.

“Angka Stunting di Kota Cilegon di tahun 2016 yaitu sebesar 24,8 persen dan di tahun 2017 kita turun menjadi 20,8 persen mendekati angka daripada WHO, sedangkan di tahun 2018 naik lagi ke angka 23,3 persen. Dengan ini artinya, kita perlu pendekatan khusus untuk bisa mencegah terjadinya pendertia Stunting,” jelasnya (RMP/BTP)

Comments are closed.