Pencemaran Limbah Dan Polusi, Dinkes: Industri Jangan Berlindung Dibalik CCSR

0
55

CILEGON – (BTP) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon mengimbau kepada semua Industri yang ada di Kota Cilegon, untuk melakukan aktifitas Industrinya tanpa harus mengeluarkan limbah yang dapat mencemari udara dan lingkungan di Kota Cilegon.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon Arriadna mengatakan, limbah yang keluar dari Industri yang ada di Kota Cilegon dapat mencemari udara dan lingkungan, sehingga akan berdampak terhadap kesehatan masyarakat Kota Cilegon.

“Semua pihak Industri di Kota Cilegon agar dapat mengoperasikan mesin produksinya serta mengelola limbahnya dengan baik. Dengan begitu limbah yang keluar dari Industri tidak berdampak buruk terhadap kesehatan masyarakat Kota Cilegon,” katanya, rabu (27/11/2019).

Arriadna mengaku, hingga saat ini hampir semua Industri di Kota Cilegon belum dapat melakukan pengolahan Limbah Industri secara baik. Terutama Industri yang menggunakan bahan bakar produksinya dengan Batu Bara.

“Industri yang menggunakan Batu Bara bukan hanya di Indonesia saja. Namun, Industri di Luar Negeri juga menggunakan Batu Bara namun, Industri di Luar Negeri dapat mengelola limbah batu bara dengan baik, sehingga tidak berdampak terhadap pencemaran udara dan pencemaran lingkungan yang berdampak buruk terhadap kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Pihaknya juga menyatakan, kepedulian Industri terhadap masyarakat melalui CCSR yang ada sudah bagus. Namun dirinya berharap, pihak Industri di Kota Cilegon agar tidak berlindung terhadap kesehatan masyarakat dari program CCSR yang ada.

“Dalam penanganan pencemaran udara maupun pencemaran lingkungan yang akan melakukan pemeriksaan agar dapat dilakukan bersama-sama dengan semua pihak, terutama dengan pihak Dinas Ketenaga Kerjaan (Disnaker) Kota Cilegon,” jelasnya.

Untuk diketahui, pencemaran udara maupun pencemaran lingkungan yang terjadi di Kota Cilegon bukan hanya disebabkan oleh aktifitas Industri yang menggunakan bahan bakar batu bara saja. Tetapi dapat disebabkan oleh aktifitas Industri yang menggunakan bahan kimia dan lain sebagainya. (RMP/BTP)

Comments are closed.