PKL Di Jalur Pagebangan Ditertibkan Dinas Satpol PP

0
50

CILEGON – (BTP) – Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Disatpol PP) Kota Cilegon melakukan penertiban ke sejumlah Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan dipinggir Jalan Pagebangan, Kelurahan Jombang Wetan, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, rabu (04/12/2019).

Kepala Bidang Perundang-Undangan pada Dinas Satpol PP Kota Cilegon Sofan Maksudi mengatakan, penertiban ini merupakan amanat Perda no 5 tahun 2003 tentang K3 (Ketertiban, kebersihan, dan Keindahan) dengan sasaran bangunan liar yang digunakan oleh para Pedagang Kaki Lima (PKL).

“Ini giat penertiban PKL di sepanjang Jalan DI Pandjaitan disebelah kanan dan kiri jalan. Keberadaan PKL disepanjang jalan ini, memang kerap membuat arus lalu lintas tersendat dan mengalami kemacetan,” katanya.

Menurutnya, para PKL tidak hanya berjualan diatas trotoar, namun juga di tepi jalan, sehingga sangat mengganggu. Bukan hanya itu, para PKL ini sudah diberikan tempat berjualan di Pasar Blok F namun mereka tidak menempati.

“Bukan kita melarang berjualan, tetapi ada aturannya dan sudah ada tempatnya. Kita tindak sesuai aturan dan sudah dikasih surat himbauan sampai surat pernyataan tiga kali,” ujarnya.

Hal senada juga dikatakan Kepala Seksi Dalops pada Dinas Satpol PP Cilegon Suroto, pihaknya mengatakan, sebelum dilakukan eksekusi pembongkaran. Pihaknya telah melakukan imbauan kepada para PKL. Namun imbauan yang diberikan itu tak diindahkan oleh para pedagang.

“Sudah kita panggil seminggu lalu para pemilik bangunan. Kata mereka mau membongkar sendiri, tapi tidak dibongkar, ya kita bongkar,” katanya.

Untuk memastikan hasil penertiban, pihaknya akan melakukan pemantauan, sehingga para Pedagang Kaki Lima (PKL) tidak kembali berjualan di tempat tersebut.

“Kita akan tetap melakukan monitoring secara berkala, jika ada yang melanggar lagi kita lakukan persuasif. Kemudian, kalau tidak diindahkan bisa kita bongkar lagi,” tukasnya. (RMP/BTP)

Comments are closed.