Bangun Kesadaran Masyarakat Terhadap Lingkungan Melalui Sekolah Adiwiyata

0
46

SERANG, (BTP) – Pemerintah Kota Serang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Persiapan Calon Sekolah Adiwiyata Tingkat Kota dan Provinsi Tahun Anggaran 2019.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang Ipiyanto mengatakan program tersebut merupakan program pemerintah yang setiap tahun dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang.

“Sasaran program kita ini bagaimana memberikan suatu konsep pembelajaran dan penyadaran terhadap masyarakat secara keseluruhan. Diawali dari sekolah Adiwiyata ini merupakan salah satu sasaran yang lebih tepat dan mengena untuk dapat memberikan informasi kepada masyarakat,” ujarnya kepada awak media disalah satu rumah makan di Kota Serang, Kamis (5/12).

Ia menjelaskan Sekolah Adiwiyata tersebut dapat menyebar secara keseluruhan, diantaranya dari guru, wali murid, murid hingga pada Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). “Kalo sudah guru atau Kepala Sekolah yang bicara inysaAllah itu akan ditindaklanjuti,” katanya.

Ia mengatakan ada beberapa point yang harus dilakukan untuk mendapatkan sekolah yang berada di Kota Serang untuk mendapatkan julukan Sekolah Adiwiyata.

“Pertama melakukan pemilahan sampah organik dan non organik, kedua yaitu penempatan bak sampah, ketiga yaitu perilaku para guru dan siswa memberikan percontohan yang baik, keempat yaitu memanfaatkan sampah untuk dilakukan pengelolaan,” katanya.

Sementara Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin mengatakan bahwa Sekolah Adiwiyata merupakan program yang sangat penting untuk menuju Kota Serang yang lebih bersih dan berawal dari masyarakatnya.

“Sekolah Adiwiyata ini adalah sekolah yang ramah lingkungan yang diterapkan di Kota Serang. Kalo disekolah-sekolah sudah melaksanakan Sekolah Adiwiyata yang ramah lingkungan, itu merupakan suatu percontohan untuk mengajak ke masyarakat sadar lingkungan,” ucapnya.

Ia juga berharap kegiatan tersebut dapat maksimal melaksanakan kegiatan Sekolah Adiwiyata tersebut.

Adapun beberapa sekolah yang sudah mendapatkan julukan Sekolah Adiwiyata diantaranya yaitu SDN Kubang Kemiri, SDN Unyur, SDN Cipocok Jaya 2, SDN Sempu 1, SDN Cipocok Jaya 4, SDN Kesaud dengan Pembina Pendamping yaitu H. Imam Rosidi, S.Pd dan Umu Mulyana, S.Pd, lalu SDN Jengkol, SDN Taktakan 1, SDN Cilampang dengan Pembina Pendamping yaitu Nur Roham Al-Furqon, S.Pd dan Milah Fitriyani.

Selain itu, SDN Banjar Agung 2, SDN Banjar Agung 4, SDN Banjar Sari 3 dengan Pembina Pendampinh yaitu Acmahd Badrudin, S.Pd.I, M.Pd dan Jaenudin S.Pd, SMKN 3 Kota Serang, SMPN 3 Kota Serang, SMPN 16 Kota Serang dengan Pembina Pendamping yaitu Ir. Endang Sri Suryani, M.Pd dan Nurul Inayah, M.Pd, dan juga SMP IT Al-Ghifari, SMPN 14 Kota Serang, SMPN 10 Kota Serang, SMPN 11 Kota Serang dan SMPN 6 Kota Serang dengan Pembina Pendamping yaitu Ratu Tuti Istiawati, S.S, M.M dan Uni Rosiani S.E.Sy. (red)

Comments are closed.