KPU Kota Cilegon Lounching Tahapan Pilkada Tahun 2020, Segera Sosialisasikan Perubahan PKPU

0
37

CILEGON – (BTP) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon melounching tahapan pelaksanaan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Cilegon tahun 2020 mendatang yang berlangsung di salah satu hotel, di Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon, kamis (05/12/2019).

Dalam lounching tahapan pelaksanaan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Cilegon dihadiri oleh unsur muspida, KPU Provinsi Banten, KPU RI, Bawaslu Banten, Bawaslu RI dan seluruh elemen lapisan masyarakat di Kota Cilegon.

Ketua KPU Kota Cilegon Irfan Alfi mengatakan, pihaknya akan segera melakukan sosialisasi terkait perubahan Peraturan KPU nomor 18 tentang pencalonan kepala daerah dan juga segera melakukan sosialisasi Peraturan KPU nomor 16 tentang pelaksanaan tahapan Pilkada pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Cilegon.

“Pada Pilkada tahun 2020 mendatang terdapat sedikit perubahan, mengingat tahapan pendaftaran calon perseorangan misalnya yang semula tahap penyerahan dukungan bisa dilakukan per 11 desember hingga 5 maret 2020 nanti, kini berubah dan hanya memiliki waktu penyerahan lima hari saja, dimana dilaksanakan pada 19 Februari hingga 23 Februari nanti. Untuk itu, sosialisasi terkait pelaksanaan tahapan akan segera dilakukan untuk mempermudah calon perseorangan yang mempunyai kans untuk maju pada pilkada melalui jalur independen,” katanya.

Sementara itu, Pramono Ubaid Tanthowi juga mengingatkan agar penyelenggaraan Pilkada di Banten khususnya di Kota Cilegon bisa berjalan lebih baik dan berkualitas, mengingat beberapa hal yang perlu diwaspadai dan menjadi sorotan pada pelaksanaan pilkada banten maupun kota cilegon seperti politik uang yang masih sangat marak, hoax yang masih sangat kuat, politisasi pengerahan masa di tatanan birokrasi, dan keberpihakan ASN yang masih menjadi masalah dan potensi pelanggaran yang kerap terjadi.

“Harus kita waspadai politik uang, berita hoax politisasi masa di tatanan birokrasi dan keberpihakan ASN serta penyaluran dana hibah dan bansos yang dilakukan oleh incumbent. Launching pelaksanaan tahapan Pilkada ini dapat memberikan ruang dan kesempatan yang sama bagi seluruh masyarakat yang berpeluang untuk maju dalam pilkada Kota Cilegon,” jelasnya. (RMP/BTP)

Comments are closed.