Jelang Angkutan Nataru, Kapal Penyeberangan Ferry Merak-Bakauheni Diperiksa

0
34

CILEGON – (BTP) – Direktorat Perkapalan dan Kepelautan pada Bidang Keselamatan Kapal Penumpang dan Penangkap Ikan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut bersama Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Banten melakukan pemeriksaan atau uji petik terhadap sejumlah kapal-kapal ro-ro yang berada di lintasan merak-bakauheni, kamis (19/12/2019).

Kali ini, petugas menyasar dua kapal yakni Kapal Motor Penumpang (KMP) Mabuhay Nusantara yang sedang sandar di dermaga I dan KMP Portlink yang sedang sandar di dermaga eksekutif Pelabuhan Merak dan langsung melakukan pemeriksaan ke sejumlah alat-alat keselamatan pada kapal seperti skoci, alat pelampung, kelayakan peralatan keselamatan kapal dan ruang kemudi pada alat navigasi di ruang nahkoda kapal. Bahkan petugas juga melakukan pemeriksaan terhadap ruang bagian kamar mesin seperti hydrolik dan bagian pembuangan sirkulasi air, serta bagian-bagian mesin lainnya.

Kepala Seksi Keselamatan Kapal Penumpang dan Penangkap Ikan Dirjen Hubla Captain Ari Wibowo mengatakan, pihaknya melakukan uji petik pada Kapal Mabuhay dan Portlink untuk mengetahui kondisi ram cek kesiapan kapal untuk persiapan pada angkutan natal dan tahun baru.

“Dalam pemeriksaan dua kapal ini, kita menemukan catatan temuan minor dan harus diperbaiki maksimal 23 Desember mendatang seperti kondisi fisik kapal pada ruang mesin yang telah keropos, ruang kendali navigasi serta peralatan keselamatan yang meliputi lampu darurat, ketersediaan jaket pelampung yang belum memadai, emergency fire pam yang belum berfungsi secara baik, serta ketidaksiapan awak kapal yang masih perlu dilatih saat menghadapi emergency,” katanya.

Sementara itu, ditempat yang sama Kepala Seksi Sertfikasi pada KSOP Kelas I Banten I Made S menyatakan, dari total 71 kapal yang berada di lintasan merak-bakauheni, sudah 60 kapal yang telah diperiksa kelaikannya.

“Kita terus melakukan pemeriksaan kapal karena hal ini dilakukan untuk menjamin keselamatan penyeberangan penumpang pada musim liburan panjang akhir tahun, angkutan natal dan tahun baru,” tukasnya (RMP/BTP)

Comments are closed.