Untirta Optimis Wujudkan Smart Green Campus

0
21

SERANG – Berkaitan dengan visi Untirta menuju smart green campus yang berintegrasi, Untirta mendapatkan pencerahan dari Rektor IPB Prof. Dr. Arif Satria, SP, M.Si pada program FGD Tata Kelola Integrated , Smart and Green Campus di Kampus baru Untirta, Sindangsari, Sabtu (21/12/2019).

Prof. Dr. Arif Satria, SP, M.Si menyampaikan, bahwa IPB Univerity telah mengimplementasikan Smart Green di lingkungan kampus IPB dengan cara sederhana yaitu menyediakan kantong-kantong sampah, berlomba-lomba membuat pantun di setiap unit kerja tentang lingkungan untuk memotivasi akan kesadaran lingkungan, memanen air hujan, penghijauan dan program ruang ramah lingkungan lainnya.

Ia menjelaskan, Green smart tersebut bukan hanya sekadar ranking, namun bagaimana mengajarkan ilmu lingkungan dan apa yang telah disampaikan dapat dikerjakan. “Karena semua orang mudah sekali berbicara tentang ilmu lingkungan namun tidak sesuai dengan apa yang disampaikan tidak diterapkan , maka harus dimulai dari diri kita sendiri,” tuturnya.

Menurutnya, untuk mewujudkan Green Smart tidak perlu mendatangkan ahli dari luar, namun cukup memanfaatkan para ahli dari kampus sendiri, sehingga mahasiswa yang diajarkan juga yakin pada dosennya dengan keilmuannya. Selain itu, menurutnya Untirta kampus yang diuntungkan, karena kampusnya kecil mudah dikelola dibandingkan dengan universitas yang sudah besar yang permasalahannya juga semakin banyak dan besar.

“Pembagunan kampus baru di Sindangsari harus sudah direncanakan, dirancang dan dibangun ramah lingkungan, dan penghijauan, budidaya tanaman,” ujarnya.

Sementara itu Rektor Untirta Dr. H. Fatah Sulaiman, ST, MT meminta kepada semua pihak terkait untuk menyelaraskan visi yang menjadi uji komitmen dengan smart green campus yang berintegritas. Beliau optimis tak perlu sampai dua tahun kampus Untirta di Sindangsari dan Pakupatan memenuhi smart green.

“Begitu pindah ke kampus baru langsung register untuk green matic sebagai uji pertama. Kepada tim, semua pihak terkait untuk mendesain, mendokumentasikan serta mengimplementasikan smart green campus,” tandasnya. (US/red)

Comments are closed.