Belasan Warga Terkena DBD Di Ciwandan, Satu Orang Diduga Meninggal Dunia

0
19

CILEGON – (BTP) – Sebanyak dua belas warga Lingkungan Cilodan, Kelurahan Gunung Sugih, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon terkena penyakit Demam Berdarah (DBD). Kejadian ini diperkirakan sejak satu bulan lalu.

Menurut Ketua RT 16 Lingkungan Cilodan Bram Junaedi yang ditemui pada rabu (15/01/2020), sudah hampir satu minggu dirinya mendapat laporan dari masyarakat terkait penyebaran wabah Demam Berdarah (DBD) di Lingkungannya dan telah melaporkan ke pihak terkait seperti Kelurahan hingga ke Puskesmas terdekat.

“Namun laporan tersebut belum ada tindakan dari pihak yang bertanggung jawab. Kita minta segera ada tindakan yang real, untuk mengantisipasi penyebaran wabah penyakit tersebut. Di Lingkungan Cilodan RT 16 sendiri terdapat 8 orang yang terkena DBD, ditambah Lingkungan RT 18 terdapat 4 orang kesemuanya positif terjangkit DBD yang kesemuanya saat ini sedang menjalani perawatan di rumah sakit. Bahkan ada satu orang anak berusia 5 tahun meninggal diduga terkena DBD,” katanya.

Ditempat yang sama, Ketua RT 18 Lingkungan Cilodan Syaiful mengaku, saat ini telah ada 4 orang warganya yang terkena Demam Berdarah dan telah dilaporkan ke pihak Kelurahan dan Puskesmas, hingga saat ini belum juga ada tindakan konkrit dari instansi terkait.

“Kita meminta pemerintah segera melakukan tindakan nyata, untuk mengantisipasi penyebaran lebih luas dengan melakukan foging, dan saat ini sudah memasuki musim hujan karena sebelum memasuki musim penghujan tidak ada warganya yang terkena DBD,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota Komisi II DPRD Kota Cilegon M Ibrohim Aswadi menyatakan bahwa pihaknya yang membuka rumah aspirasi telah menerima pengaduan dari warganya bahwa di Daerah Pemilihannya (Dapil) nya telah terjadi wabah Demam Berdarah.

“Saya langsung cek ke lokasi dan benar adanya. Untuk menindaklanjuti pengaduan dari warganya yang masuk ke rumah aspirasi, saya meminta kepada pihak Puskesmas atau Dinas Kesehatan untuk segera melakukan pencegahan atau antisipasi wabah DBD, dan kebetulan di Komisi II juga berencana akan mengunjungi Dinas Kesehatan dan akan disampaikan aspirasi tersebut,” tukasnya. (RMP/BTP)

Comments are closed.