Ketua DPRD Banten Ikuti Rapat Evaluasi Penanganan Covid-19 dan pembahasan New Normal

0
20

SERANG, – Rapat koordinasi evaluasi penanganan covid-19 dan pembahasan tatanan nomal baru (New Normal) pada masa pandemi covid-19 digelar di ruang Ketua DPRD Provinsi Banten di gedung DRPD Provinsi Banten pada Selasa, (9/06/2020)

Rapat yang digelar secara virtual menggunakan aplikasi zoom meeting dihadiri oleh 24 daftar undangan diantaranya Ketua DPRD Provinsi Banten, Kapolda Banten, Ketua MUI Banten beserta undangan lainnya.

Dalam rapat tersebut, salah satunya membahas mengenai perencanaan new normal. Perlu diketahui, new normal adalah skenario untuk mempercepat penanganan Covid-19 dalam aspek kesehatan dan sosial-ekonomi. Pemerintah Indonesia telah mengumumkan rencana untuk mengimplementasikan skenario new normal dengan mempertimbangkan studi epidemiologis dan kesiapan regional tak terkecuali di Provinsi Banten.

Keputusan pemerintah menuju new normal tersebut mengacu pada parameter penurunan reproduction rate atau daya tular virus. WHO juga menetapkan RO dibawah 1 (satu) bagi negara yang akan menuju ke arah new normal.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Provinsi Banten Andra Soni menyambut baik dan mendukung upaya pemerintah dalam penanganan covid-19. Andra Soni juga menjelaskan, bahwa anggaran yang telah direalokasikan oleh Pemprov Banten mencapai lebih dari 2,2 T. “Terkait refocusing ini sudah 3 kali dilakukan oleh Pemprov Banten dan angkanya diatas 2 triliun rupiah,” tuturnya.

“Mekanisme di DPRD berdasarkan Permendagri Nomor 20 tahun 2020 tentang refocusing anggaran tidak mesti melibatkan DPRD, bentuk tidak dilibatkannya DPRD maka regulasi yang dikeluarkan adalah Pergub, namun posisi DPRD dipertegas dengan surat keputusan bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan Nomor 119 Tahun 2020 tentang percepatan penyesuaian APBD dalam rangka penanganan COvid 19, dimana DPRD memiliki fungsi Pengawasan,” Tambahnya. (ADV)

Comments are closed.