Tingkatkan Pelayanan Perizinan, Komisi III Minta DPMPTSP Banten Perkuat Koordinasi

0
22

SERANG – Komisi III DPRD Banten meminta Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Banten untuk memperkuat koordinasi dengan dinas teknis. Hal itu terungkap dalam rapat dengar pendapat (RDP) di Aula Kantor DPMPTSP Provnis Banten, KP3B, Curug, Kota Serang, Selasa (9/6/2020).

Ketua Komisi III DPRD Banten, Gembong R Sumedi menilai, selama ini koordinasi antara DPMPTSP dengan beberapa dinas teknis masih kurang.

“Mereka (dinas teknis) ngga banyak stanby di sini (DPMPTSP). Jadi ketika ada (pengurusan) izin, mereka ke lapangan, tapi tiba-tiba ke sini tandatangan. Kan ngga bagus,” ujarnya.

Dirinya juga meminta ke depan koordinasi harus lebih ditingkatkan. Selain koordonasi, lanjut Gembong, pendemi Covid-19 juga memberikan efek kepada iklim investasi di Provinsi Banten. Dalam rapat tersebut, pihaknya menemukan adanya penurunan angka investasi.

“Sampai triwulan kesatu investasi di Banten mencapai Rp6,8 triliun. Dan ini turun dari biasanya Rp13 sampai Rp15 triliun pada triwulan pertama, karena ada pengaruh Covid-19,” katanya.

Hal lain yang dibahasa dalam rapat tersebut yakni potensi investasi di wilayah tertentu. Namun, investasi tersebut terhambat belum disahkannya Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Zonasi Wilayah Pantai dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K).

“Ini ada potensi investasi yang besar jika perda zonasi disahkan,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Provinsi Banten, Mahdani mengaku, pihaknya sudah meminta kepada beberapa dinas teknis untuk menempatkan orang-orangnya di DPMPTSP. Hal itu juga sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 138 Tahun 2018.

“Harus ada. Karena kan namanya juga perizinan satu pintu. Kalau ngga ada kan bukan namanya satu pintu lagi,” kata Mahdani.

“Sebelumnya pada 2017 lalu juga sudah ada penempatan tim dari dinas teknis. Tapi ngga lama, karena di dinas mereka juga kekurangan orang makanya ditarik lagi. Ditambah ngga setiap hari kan ada (pengurusan) izin,” pungkasnya. (Adv)

Comments are closed.