Terminal Merak Kembali Beroperasi Tidak Layani Penumpang Menuju Zona Merah

0
51

CILEGON – (BTP) – Terminal terpadu merak yang sebelumnya ditutup akibat pandemi Covid-19, kini mulai kembali dibuka dan beroperasi melayani penumpang tujuan kota-kota besar di Pulau Jawa dan Sumatera, Rabu (10/06/2020).

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah VIII Banten Nurhadi mengatakan, meski telah dibuka dan kembali beroperasi, namun terminal terpadu hanya melayani angkutan sesuai zona, mengingat keberadaan Terminal Terpadu Merak berada di Kota Cilegon yang saat ini berada pada zona kuning.

“Berarti pelayanan angkutan penumpang juga disesuaikan dengan tujuan kota maupun daerah ke zona kuning dan tidak melayani penumpang ke tujuan kota di zona merah, dan ini berdasarkan Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penaganan Covid-19 Nomor 7 tahun 2020 tentang kriteria dan persyaratan perjalanan orang masa adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif dan aman,” katanya.

Nurhadi menambahkan, dibukanya terminal terpadu merak juga berdasarkan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 11 tahun 2020 tentang pedoman teknis penyelenggaraan transportasi darat pada masa adaptasi kebiasaan baru untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Untuk kendaraan bus harus disterilkan sarana transportasi melalui penyemprotan disinfektan paling sedikit satu kali sehari baik sebelum maupun sesudah melakukan perjalanan membawa penumpang. Menjual tiket secara daring (online) atau transaksi nontunai (chasless) dan menurunkan para penumpang pada tempat yang telah ditentukan serta memastikan penumpang dan awak kendaraan dinyatakan sehat oleh instansi kesehatan atau dokter yang berwenang (Rapid Test),” tambahnya. (RMP/BTP)

Comments are closed.