Tim Sar Evakuasi 6 Korban Kapal Nelayan Terbalik Di Dekat Gunung Anak Krakatau, 10 Orang Hilang

0
48

CILEGON – (BTP) – Tim sar gabungan yang terdiri dari petugas Basarnas Banten, KSOP Kelas I Banten, Kepolisian, TNI berhasil mengevakuasi para nelayan yang merupakan korban kapal terbalik di dekat Gunung Anak Krakatau sekitar perairan Pulau Rakata, sabtu dini hari (20/06/2020).

Peristiwa nahas itu terjadi kemarin sore, Kamis 18 Juni 2020 sekitar pukul 17.26 wib. Saat itu, kondisi ombak di perairan Selat Sunda memang sedang tinggi yang diperkirakan ketinggiannya antara 2-3 meter.

Kepala Basarnas Banten M Zaenal Arifin mengatakan, pihaknya mendapat laporan adanya sebuah kapal nelayan KM Puspita Jaya terbalik di perairan selat sunda dengan titik koordinat dekat Gunung Anak Krakatau di sekitar Pulau Rakata.

“Para nelayan ini semuanya ada 16 yang awalnya berangkat dari banten dan rencana menginap di Pulau Rakata pada kamis (18/06). Di tengah perjalanan kapal kemudian terbalik. Keesokan harinya, keenam belas kru di dalam kapal kemudian berusaha berenang ke Pulau Panaitan, namun karena tidak kuat, 6 orang kembali ke kapal dan sisanya dilaporkan hilang,” katanya.

Zaenal menambahkan, ke enam orang yang selamat ini berhasil dievakuasi dengan menggunakan dua kapal, yakni kapal KN 372 KPLP milik KSOP Kelas I Banten dan RIB milik Basarnas.

“Kita evakuasi ke enam orang yang berhasil diselamatkan ke dermaga 1 Pelabuhan Penyeberangan Merak dan diserahkan ke tim medis untuk penanganan lebih lanjut, sementara tim sar masih melakukan pencarian terhadap sepuluh orang nelayan yang hilang,” tambahnya.

Sementara itu, seorang korban yang selamat bernama Surja mengaku, dirinya terombang-ambing di tengah lautan selama 24, dari jam enam sore hingga jam lima sore.

“Saat itu, kapal yang ditumpanginya hendak menuju ke Pulau Rakata, ditengah perjalanan kondisi ombak sedang tinggi hingga kapal yang saya tumpangi terbalik,” kata surja yang juga seorang kapten kapal. (RMP/BTP)

Inilah nama-nama korban kapal terbalik

Dalam pencarian/hilang

  1. Rasmin 30
  2. Jamal 25
  3. Wawan 25
  4. Goler 30
  5. Acui 25
  6. Kastirah 50
  7. Suri 50
  8. Tanjan 35
  9. Joni 30
  10. Udi 42

Selamat

  1. Surja 31 kapten
  2. Sanan 35
  3. Dede 24
  4. Aji 21
  5. Atok 21
  6. Hasan 55

Comments are closed.