Limbah RPH Dikeluhkan Warga Samandaran

0
37

CILEGON – Warga yang tinggal di Samandaran, Kelurahan Panggung Rawi, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon mengeluhkan bau menyengat limbah seperti kotoran sapi. Aroma bau kotoran yang menyengat tersebut diduga dari Rumah Potong Hewan (RPH) milik Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Cilegon.

Rohmat seorang warga sekitar mengatakan, bau menyengat seperti bau busuk ini timbul dari kotoran hewan yang berada di Rumah Potong Hewan (RPH). Itu terasa sudah hampir satu bulan dirasakan.

“Ya kang baunya menyengat, apa lagi kalau melintas persis di depan RPH baunya ga ketulungan. Bau menyengat itu sudah dirasakan hampir satu bulan sejak tidak berfungsinya Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) yang ada di RPH,” katanya senin (22/06/2020).

Sementara itu, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan pada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Lira Yuliantina saat ditemui mengungkapkan, terjadinya bau menyengat itu disebabkan fungsi IPAL di RPH tidak berfungsi secara baik sehingga kotoran yang dihasilkan dari RPH tidak bisa diolah.

“IPAL yang kita punya tidak berfungsi dengan baik, makanya ada bau menyengat yang dihasilkan dari RPH itu. Untuk menghindari bau menyengat hingga tidak menyasar ke pemukiman warga, kita saat ini sedang memperbaiki IPAL. Sambil menunggu IPAL yang sedang diperbaiki ada berbagai macam upaya yang dilakukan dengan pengolahan limbah kotoran dari RPH menjadi pupuk kompos. Mudah-mudahan dalam waktu dekat persoalan ini cepat selesai,” ungkapnya. (RMP/BTP)

Comments are closed.