Jelang Idul Adha, Pengiriman Hewan Kurban Dari Sumatera Ke Jawa Meningkat

0
40

CILEGON – (BTP) – Menjelang hari raya Idul Ahda 1441 Hijriyah, permintaan hewan potong khususnya hewan kurban di tengah masyarakat mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan dari sebelumnya.

Tercatat selama periode Januari hingga Juli tahun 2020 sebanyak 103.926 ekor sapi dan 107.708 ekor kambing/domba, permintaan hewan ternak sapi meningkat 1,56% dan 1,17% untuk permintaan hewan ternak kambing/domba dibanding periode yang sama di tahun 2019.

Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Cilegon Arum Kusnila Dewi menyebutkan, berdasarkan data IQFAST menjelang Idul Adha ini ada kenaikan pemasukan pengiriman sapi maupun kambing/domba dari pulau Sumatera terutama Provinsi Lampung tujuan ke pulau Jawa.

“Menjelang Idul kurban tahun ini, pengiriman hewan ternak terutama sapi potong jenis PO, Simmental, sapi Bali serta kambing mengalami peningkatan terutama dalam tiga bulan terakhir ini. Sapi dan kambing ini untuk tujuan Jakarta, Banten dan Jawa Barat,” katanya, rabu (22/07/2020).

Dari data pada sistem perkarantinaan, IQFast selama tiga bulan terakhir dari bulan Mei sampai pertengahan Juli ini tercatat ada 56.283 ekor sapi dan 45.571 ekor kambing/domba yang dikirim ke Jawa. Dibandingkan dengan periode 3 bulan sebelumnya pemasukan sapi ada kenaikan 55% dan kambing meningkat 2%. Sementara itu pemasukan sapi dan kambing dibandingkan dengan tahun lalu pada periode yang sama ada peningkatan 15% di tahun 2020 ini.

“Jumlah ini diprediksi akan terus bertambah, seiring dengan makin mendekatnya pelaksanaan Iduladha, kami Karantina Pertanian Cilegon berusaha semaksimal mungkin melakukan pengawasan baik kesehatan maupun keamanan hewan ternak yang akan dilalulintaskan melalui Pelabuhan Merak ke beberapa daerah untuk menjamin kepastian kesehatan hewan yang akan dijadikan kurban,” tukasnya. (RMP/BTP)

Comments are closed.