Bawaslu Kota Cilegon Telusuri Foto Petahana Dan Timses Di Ruang Wakil Walikota, Sekda Bakal Diperiksa

0
25

CILEGON – (BTP) – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Cilegon memanggil Husen Saidan salah seorang yang menscreenshot dan memposting serta menyebarluaskan tangkapan layar berisi foto Bakal Calon Walikota Cilegon, Ratu Ati Marliati bersama tim suksesnya di ruang kerja Wakil Walikota Cilegon yang merupakan dua orang Anggota DPRD Kota Cilegon.

Dalam postingan sreenshoot di akun facebook ini dan menuai reaksi dari nitizen perihal menanyakan kebenaran pemanfaatan ruang kerja Wakil Walikota. Dalam postingannya, Husen Saidan meminta adanya upaya tindakan tegas bila hal itu bertentangan dengan sejumlah aturan sehingga Bawaslu Kota Cilegon bergerak cepat menelusuri adanya dugaan pelanggaran yang menggunakan fasilitas negara.

Usai dimintai keterangan selama satu jam lebih oleh Bawaslu Kota Cilegon, Husen Saidan mengatakan, pihaknya menyebut ada 16 pertanyaan oleh Bawaslu guna mendalami adanya temuan foto yang pihaknya unggah setelah sebelumnya ia peroleh dari grup whatsapp.

“Itu salah satunya (Bawaslu) menanyakan maksud dan tujuan unggahannya. Dalam unggahannya saya hanya meminta klarifikasi dari masyarakat perihal pemanfaatan gedung negara itu boleh atau tidak? Kalau boleh mohon petunjuk undang-undangnya yang mana. Kalau tidak boleh, mohon ketegasan dengan tindakan,” katanya, rabu (05/08/2020)

Husen menambahkan bahwa pihaknya juga dimintai keterangan atas unggahan pada akun facebooknya tertanggal 30 Juli lalu terkait mempertanyakan unggahan salah satu akuh facebook atas nama Ayatullah Khumaini yang melakukan foto bersama tim relawan.

“Jadi itu menurut saya semacam penggunaan fasilitas negara karena dilakukan didalam kantor pemerintahan dan dia (tim relawan) telah dibentuk untuk pemenangan salah satu calon,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Cilegon Siswandi menyatakan, pemanggilan saudara Husen Saidan untuk dimintai keterangan karena pihaknya mendapatkan bukti foto lengkap dengan captionnya yang pada awalnya diposting oleh Ayatullah Khumaini salah seorang Anggota DPRD Kota Cilegon Fraksi Golkar.

“Saudara Husen Saidan kita panggil untuk dimintai keterangan berkenaan dengan temuan yang terdapat di akun facebook ada sosialisasi atau kampanye di ruang kerja Wakil Walikota Cilegon. Itu yang saat ini kami telusuri,” katanya.

Siswandi menuturkan, pihaknya juga masih akan mengumpulkan bukti-bukti dari sejumlah sumber yang akan dimintai keterangan sebelum memastikan adanya perbuatan yang mengarah pada kegiatan kampanye yang memanfaatkan fasilitas negara.

“Hari ini kita panggil dua orang yakni Saudara Husen dan Bu Sekda Kota Cilegon Sari Suryati, namun Bu Sekda tidak bisa hadir memenuhi panggilan karena ada halangan yang tidak bisa ditinggalkan. Katanya sih ada saudaranya yang meninggal di Bandung, jadi tidak bisa hadir. Kita jadwal ulang besok, juga meminta keterangan kepada Isro Mi’raj (Ketua Relawan) dan Ayatullah Khumaini,” tuturnya. (RMP/BTP)

Comments are closed.