Syarat Pendaftaran Calon Walikota Jalur Partai Politik Terdaftar Di Kemenkumham

0
49

CILEGON – (BTP) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon menggelar Sosialisasi Syarat Calon dan Pencalonan pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota tahun 2020 yang berlangsung di salah satu restoran di Kota Cilegon, senin (10/08/2020).

Dalam Sosialisasi Syarat Calon dan Pencalonan pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota tahun 2020 dihadiri oleh sejumlah para pengurus Partai Politik peserta Pemilu tahun 2019 lalu baik yang memperoleh kursi di Parlemen maupun Partai Politik Non Parlemen.

Komisioner KPU Provinsi Banten Eka Setialaksmana mengatakan, untuk pendaftaran para Calon baik Calon Bupati maupun Calon Walikota oleh Partai Politik di Pilkada Serentak ini mengacu pada pasal 40 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 sesuai yang dipedomani terkait kepengurusan Parpol yang terdaftar atau didaftarkan di Kemenkumham.

“Untuk Partai Politik maupun gabungan Partai Politik yang mengusung pasangan calon yang masih sengketa di internal. Dan sekali lagi kita mengacu kepada kekuatan hukum tetap yang terdaftar dan telah didaftarkan di Kemenkumham,” katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Cilegon Irfan Alfi mengungkapkan, pihaknya secara normatif bahwa KPU dengan tahapannya memiliki fase menunggu Surat Keputusan Kepengurusan Partai Politik yang masuk ke dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

“Penegasannya kan ada di Sipol dan bisa dilihat mana keabsahan kepengurusan Partai Politik di tingkat wilayah baik di provinsi maupun kabupaten/kota,” tukasnya. (RMP/BTP).

Comments are closed.