8 Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur untuk Kesehatan

0
29

Bantentop.com, – Air bukan saja berperan sebagai penghilang rasa haus.

Lebih dari itu, air adalah pelarut universal.

Sebagian besar senyawa kimia dapat larut dalam air.

Tubuh manusia sendiri terdiri dari 70 persen air dan setidaknya memerlukan asupan 2 liter atau 8-10 gelas air per hari.

Di dalam tubuh, air ini memegang banyak fungsi, seperti:

-Mengangkut nutrisi ke jaringan-jaringan tubuh

-Mengangkut sampah sisa metabolisme dari jaringan ke luar tubuh, melalui keringat, pernapasan, urine, maupun feses

-Medium berbagai reaksi kimia dalam tubuh

Banyak ahli telah membuktikan pentingnya mengonsumsi air putih bagi tubuh.

Namun sayang, banyak orang kiranya masih sering lupa atau abai untuk minum air putih secara teratur karena beragam alasan.

Padahal dari segelas air putih, ada banyak manfaat yang baik untuk tubuh.

Manfaat minum air putih sebelum tidur

Agar tubuh Anda tetap sehat karena asupan air, Anda salah satunya dapat mencoba membiasakan diri untuk mengonsumsi air putih sebelum tidur.

Aktivitas ini bahkan bukan hanya dapat membantu tubuh tetap terhidrasi pada malam hari.

Ada ragam manfaat lain yang bisa diraih dari minum air putih sebelum tidur. Apa saja?

-Meningkatkan kekebalan tubuh

Melansir laman resmi Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kemenkes RI, minum air putih pada malam hari sebelum tidur bermanfaat untuk menjaga tubuh terhidrasi dengan baik.

Sementara, menjaga tubuh tetap terhidrasi dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Hal ini dikarenakan, hidrasi memainkan peran penting dalam menjaga tubuh tetap sehat dan memastikan semua fungsi organ berjalan semestinya.

-Membantu kelancaran proses regenerasi sel

Manfaat ini dapat diperoleh karena minum air putih pada dasarnya akan memastikan darah membawa banyak oksigen yang kemudian didistribusikan ke sel-sel di seluruh tubuh.

-Membantu proses pembersihan racun

Minum air putih sebelum tidur akan membuat Anda terhidrasi sepanjang malam dan dapat membantu tubuh untuk membersihkan diri dari racun yang tidak diinginkan.

Hal itu dikarenakan, air hangat terutama, dapat meningkatkan sirkulasi darah, membantu tubuh memecah limbah, dan meningkatkan keluaran keringat.

Berkeringat memang akan menyebabkan tubuh kehilangan beberapa carain sepanjang malam, tapi juga akan menghilangkan kelebihan garam atau racun dan membersihkan sel-sel kulit.

-Membantu menjaga berat badan

Minum air putih sebelum tidur dapat menjadi cara untuk menjaga berat badan.

Hal ini dikarenakan, minum air putih yang bebas kalori dapat membuat perut terisi dan pada akhirnya menekan keinginan untuk mengonsumsi makanan atau cemilan pada malam hari yang dapat membuat berat badan naik.

-Cegah pusing saat bangun tidur pagi hari

Melansir Buku Amankah Makanan Anda?(2019) oleh Koko Handoyo, S.Si, mengonsumsi air putih sebelum tidur sangat dianjurkan karena ketika sedang tidur sebenarnya darah mengental, sehingga bila kekurangan cairan dapat menyebabkan pasokan darah ke otak menjadi terhambat.

Hal ini pada akhirnya dapat menyebabkan timbulnya pusing pada pagi hari atau setelah tidur dalam waktu lama.

-Membantu proses pencernaan

Manfaat minum air putih sebelum tidur selanjutnya, yakni dapat membantu proses pencernaan.

Air putih dalam proses pencernaan akan membantu menyerap vitamin serta nutrisi dari makanan.
Makanan yang mengandung serat tidak akan ada manfaatnya jika tidak dibantu dengan air putih.

Hal ini dikarenakan, jika konsumsi air putih tidak memadai, maka serat justru menjadi “zat jahat” bagi tubuh sebagai penyebab sembelit.

-Menghindari gangguan ginjal

Manfaat ini bisa didapat karena pada dasarnya air putih yang Anda minum dapat membantu melarutkan kalsium dalam urine sehingga meminumalkan terjadinya batu ginjal.

Selain itu, racun di dalam tubuh pun menjadi lebih mudah untuk dikeluarkan dengan memperbanyak konsumsi air putih.

-Memperbaiki suasana hati

Melansir Health Line, menurut sebuah studi pada 2014, kekurangan air dapat memengaruhi suasana hati secara negatif, yang dapat memengaruhi siklus tidur-bangun secara keseluruhan.

Studi ini meneliti total 52 subjek yang dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok (22 orang) mendapat asupan cairan dengan volume tinggi, sementara kelompok lainnya rendah (30 orang) mendapatkan asupan cairan rendah.

Orang yang biasanya minum banyak air, tidak setenang dan tidak merasakan banyak emosi positif ketika mereka tidak bisa minum air sebanyak yang biasa dilakukan.

Sementara, orang dengan asupan cairan rendah menunjukkan peningkatan kepuasan dan ketenangan positif ketika mereka meningkatkan asupan air.

Tidak semua dianjurkan minum air putih sebelum tidur

Meski memiliki banyak manfaat kesehatan, minum air putih sebelum tidur pada kenyataannya bisa saja kurang cocok bagi sebagaian orang.

Bagi yang belum terbiasa minum air putih sebelum tidur atau baru mencoba melakukan kebiasaan ini, mungkin saja akan mengalami gangguan tidur.

Minum air sebelum tidur pasalnya dapat meningkatkan jumlah waktu yang dibutuhkan untuk buang air kecil di malam hari.

Bukan tidak mungkin bahkan, minum air putih sebelum tidur dapat menyebabkan Anda mengompol.

Pada dasarnya, output urine berkurang di malam hari sehingga memungkinkan orang-orang untuk dapat tidur selama 6-8 jam tanpa gangguan.

Namun, minum satu atau dua gelas air sebelum tidur dapat mengubah siklus ini.

Kurang tidur padahal dapat mempengaruhi kesehatan jantung.

Kurang tidur di antaranya dapat memengaruhi potensi seseorang untuk mengembangkan:

-Tekanan darah tinggi

-Kadar kolesterol tinggi

-Pertambahan berat badan

Menurut National Sleep Foundation, penelitian menemukan orang dewasa berusia 45 tahun dan lebih tua yang tidur kurang dari 6 jam pada malam hari berisiko lebih tinggi mengalami stroke atau serangan jantung.

Usia juga dapat berperan dalam siklus tidur dan dorongan kencing. Semakin tua Anda, semakin besar kemungkinan Anda mengalami kandung kemih yang terlalu aktif.

Ini bisa terkait dengan kondisi medis yang dapat memengaruhi fungsi kandung kemih, seperti menurunnya fungsi kognitif karena demensia, atau stroke yang akan menyulitkan otak untuk menyampaikan sinyal ke kandung kemih.

Diabetes mellitus dan hipertrofi prostat jinak juga dapat memengaruhi fungsi kandung kemih.

Dengan demikian, kebiasaan minum air putih sebelum tidur agaknya kurang cocok dilakukan oleh mereka yang memiliki riwayatpenyakit jantung, gangguan fungsi ginjal, dan diabetes karena dapat memicu masalah.

Sumber : KOMPAS.com
(red)




Comments are closed.